Hutama Karya 'Ajak' Masyarakat Ikut Lomba Fotografi Bertema Infrastruktur

Sabtu, 14 Maret 2020 - 19:25 WIB
Hutama Karya Ajak Masyarakat Ikut Lomba Fotografi Bertema Infrastruktur
Hutama Karya 'Ajak' Masyarakat Ikut Lomba Fotografi Bertema Infrastruktur
A A A
JAKARTA - Merayakan HUT ke-59, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) untuk pertama kalinya menggelar ajang kompetisi dan apresiasi bagi pewarta media dan insan kreatif di seluruh Indonesia bertajuk Anugerah Hutama 2020.

Kompetisi mengangkat tema besar “Menghubungkan Kebaikan melalui Pembangunan Infrastruktur” dengan tiga sub tema. Pertama, infrastruktur sebagai penghubung kebaikan untuk Indonesia Maju. Kedua, Jalan Tol Trans Sumatra Sebagai Roda Penggerak Ekonomi dan Pariwisata di Sumatera. Terakhir, Menilik Peran Hutama Karya dalam Pembangunan Infrastruktur di Indonesia.

"Digelar dengan periode kompetisi selama 1 (satu) bulan penuh sejak 9 Maret-6 April 2020, Anugerah Hutama 2020 terdiri dari empat kategori perlombaan," kata Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, sekaligus Ketua Anugerah Hutama 2020, Muhammad Fauzan di Jakarta.

Lebih lanjut Fauzan menjelaskan, empat kategori perlombaan yang terbagi atas 3 (tiga) kategori, yaitu untuk pewarta media/jurnalis dan 1 (satu) kategori yang dibuka untuk umum. “Jadi ada karya jurnalistik di media cetak, media online, dan jurnalistik foto, semuanya untuk jurnalis saja. Sedangkan satu kategori yang dapat diikuti oleh masyarakat umum se-Indonesia adalah kompetisi foto dengan juri yang kredibel. Total hadiahnya Rp173 juta,” paparnya.

Saat ini, infrastruktur dapat dikatakan sebagai bagian yang penting bagi sebuah negara, terutama di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Pembangunan infrastruktur dapat membawa berbagai manfaat bagi Indonesia.

Pengaruh infrastruktur pada perekonomian negara dapat dilihat pada publikasi yang berjudul World Development Report. Publikasi ini dikeluarkan oleh World Bank pada tahun 1994 yang mengatakan bahwa kenaikan infrastruktur sebesar satu persen saja dapat menyebabkan pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 7% sampai 44%, kisaran angka yang sangat signifikan jika dapat dimaksimalkan.

Peningkatan tersebut terjadi karena turunnya biaya logistik, terbangunnya fasilitas publik seperti fasilitas kesehatan, pendidikan dan prasarana lainnya, penciptaan lapangan kerja hingga terhubungnya konektivitas darat, laut, sampai udara adalah sebagian potret efek dari pembangunan infrastruktur.

Pentingnya pembangunan infrastrutur untuk kemajuan Indonesia, tentunya menyebabkan isu dan berita mengenai infrastruktur sangat dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo menuju Indonesia Maju.

Hal ini lah yang menjadi landasan Hutama Karya untuk menyelenggarakan Anugerah Hutama 2020. “Kami berharap melalui ajang ini tentunya akan banyak tulisan dan publikasi positif yang dapat mengedukasi masyarakat khususnya mengenai pentingnya pembangunan infrastruktur untuk menghubungkan berbagai daerah. Supaya terbuka konektivitas yang dapat berdampak pada tumbuhnya perekonomian yang merata di seluruh wilayah Indonesia,” pungkasnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7074 seconds (0.1#10.140)