alexametrics

Tips Maksimalkan Video 8K Pada Galaxy S20 untuk Film Bergambar Mulus

loading...
A+ A-
JAKARTA - Tampilan sinematik atraktif serta beresolusi tinggi dapat memperkaya pengalaman visual seseorang saat menonton sebuah video. Hal itu umumnya hanya bisa dihasilkan dari tangan seorang filmmaker profesional.

Tetapi tahukah Anda kualitas gambar terbaik juga bisa disampaikan oleh kamera yang dibenamkan ke smartphone? Hal itu diungkap Galaxy Movie Studio yang mendorong masyarakat menghasilkan kualitas video berkelas dengan pendekatan layaknya sebuah film melalui inovasi teknologi kamera smartphone, khususnya Galaxy.

Hasil video yang berkelas tersebut bisa berbentuk dalam format video 8K yang menyajikan warna visual kaya, serta tampilan yang detail. Sajian itu biasanya dapat diterapkan pada peralatan kamera profesional yang terbilang susah didapat, sehingga menimbulkan keterbatasan bagi siapapun yang ingin memulai.



Namun baru-baru ini Samsung telah merilis inovasi teknologi smartphone terbaru yang mampu menghasilkan video berkualitas 8K pertama di Indonesia melalui seri Galaxy S20. Flagship itu inilai sanggup menjawab tantangan tersebut.

Nah untuk membantu memperkaya kualitas kreasi konten video penggunanya di Indonesia, Galaxy Movie Studio turut melibatkan filmmaker profesional. Salah satunya Joko Anwar yang berbagi insight menarik tentang bagaimana kita dapat memaksimalkan resolusi video 8K pada kamera Galaxy S20 saat melakukan proses penerjemahan sebuah skenario menjadi visual menarik atau visual storytelling.

Proses awal pembuatan film atau video profesional selalu dimulai dari sebuah skenario atau script. Lalu ketika kita sudah mendapatkan ide cerita yang menarik serta menuangkannya dalam bentuk tulisan, biasanya seorang filmmaker akan memvisualisasikan skenario tersebut melalui sebuah imajinasi agar dapat membayangkan seperti apa scene yang akan dibuat.

“Penting bagi seorang filmmaker atau video creator untuk tahu bayangan scene yang akan direkam dari skenario yang dibuat. Dan agar tidak ada satu detail pun yang terlupa, kita bisa berinisiatif untuk mencari latar belakang adegan yang senada dengan scene yang ada dibenak kita secara langsung dan merekamnya menggunakan bantuan smartphone," kata Joko Anwar.

Dia mengutarakan, inisiasi ini akan membantu pengguna mempertajam serta membuat presisi lokasi, maupun objek yang ingin kita wujudkan dalam sebuah visual. Pada tahap ini, tentu pengambilan video dengan kualitas normal bisa saja dilakukan."Hanya bagi mereka yang sangat attention to detail, bisa jadi berpengaruh pada strategi dalam suatu scene yang ingin ditampilkan. Pengguna Galaxy S20 memiliki keuntungan untuk memanfaatkan resolusi 8K video sejak awal melakukan rehearsal pengambilan gambar. Dengan frame rate 24 fps, berbagai gambar detail akan terekam dengan baik, bahkan pengguna dapat melakukan zoom secara detail pada video yang telah terekam untuk melihat objek secara detail," tuturnya.
Setelah proses rehearsal selesai dilakukan, saatnya skenario dapat direalisasikan melalui visual dengan bercerita secara sinematis. Caranya dengan memerhatikan komposisi frame seperti mengarahkan mata penonton (pengambilan scene yang tertuju pada fokus penonton), keseimbangan cerita pada gambar, orientasi atau disorientasi, serta bentuk scene dalam frame tersebut.

“Dengan menerapkan berbagai jenis frame yang dirujuk dari sebuah skenario, kita dapat menyampaikan pesan cerita yang kuat secara visual. Pastikan pengambilan gambar tersebut memiliki kualitas yang baik serta memorable sehingga dapat membantu filmmaker untuk memberikan influence kepada calon audiens sebelum maupun saat menonton hasil video tersebut,” papar Joko Anwar.

Selain dapat mengambil gambar dengan detail dan jernih, terdapat fitur 8K Video Snap yang memungkinkan pengguna melakukan capture adegan dalam footage beresolusi 33 MP. Fitur ini bisa membantu pengguna untuk menghasilkan gambar still yang jernih yang bisa dijadikan dokumentasi maupun teaser scene dalam mempromosikan hasil video yang dapat menarik minat menonton calon audiens.

Guna memudahkan proses penerjemahan skenario kedalam bentuk visual, filmmaker harus membuat shot list untuk mengatur list scene secara detail dan terstruktur. Berbagai scene yang dicatat dengan rapih memberikan konsistensi alur cerita serta bayangan yang sudah direncanakan.

Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur Super Steady untuk scene yang harus diambil sembari melakukan pergerakan kamera agar mendapatkan hasil video yang stabil. Fitur tersebut dapat diaplikasikan pada mode 8K Video di Galaxy S20.

Walapun video berkualitas 8K akan memakan banyak daya dan ruang memori smartphone, pengguna Galaxy S20 tidak perlu khawatir. Karena smartphone tersebut didukung dengan baterai tahan lama hingga 5.000 mAh serta memiliki RAM hingga 12 GB dan ROM 128 GB dengan penambahan eksternal memori hingga 1 TB demi menyimpan banyak video berkualitas 8K.

Melakukan transfer data video 8K juga dapat dilakukan secara mulus antardevice dengan kemampuan teknologi Universal Flash Storange (UFS) yang mampu melakukan transfer data hingga 10 MB/detik. Membuat pengalaman pengambilan gambar pada Galaxy S20 lebih menyenangkan ditambah dengan tips dan trik berguna dari Galaxy Movie Studio.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top