Ponsel Termurah Samsung Galaxy A01 Bisa Apa?

Selasa, 17 Maret 2020 - 10:45 WIB
Ponsel Termurah Samsung Galaxy A01 Bisa Apa?
Ponsel Termurah Samsung Galaxy A01 Bisa Apa?
A A A
JAKARTA - Galaxy A01 adalah ponsel termurah Samsung. Harganya Rp1.499.000. Spesifikasinya cukup mendasar, misalnya kamera ganda 13 MP + 2 MP dan kamera depan 5 MP, Snapdragon 439, sistem operasi Android 10, layar 5,71 inci Infinity-V, RAM 2 GB dan ROM 16 GB, baterai 3,000 mAh, dengan dua pilihan warna; black dan blue, sementara red akan hadir pada April 2020. Target ponsel ini adalah generasi Z.

Dari desain, Galaxy A01 hitam yang saya gunakan cukup sederhana. Tebalnya hanya 8,3 mm dengan 77,8% screen to body ratio, ringan dan cukup nyaman digenggam. Fitur keamanan face recognition cukup membantu.

Sebagai ponsel “murah”, dukungan One UI dan Android 10 membuat tampilan ponsel ini segar dan memberi kesan mewah karena navigasinya sederhana dan nyaman.

Qualcomm Snapdragon 439 dan GPU Andreno 505 cukup baik. Saya sudah mencobanya untuk memainkan gim berat seperti Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, dan Free Fire. Dua gim pertama seharusnya memang butuh spesifikasi yang lebih tinggi.

Galaxy A01 ternyata bisa memainkannya. Terkait nyaman dimainkan, jelas tidak karena ponsel ini sering nge-lag dan gerakannya tidak halus. Apakah bisa menang dan menjadi nomor satu di gim battle royale? Tentu bisa karena sepenuhnya tergantung kemampuan personal. Yang bisa berjalan cukup lancar adalah Free Fire karena memang gim ini ditujukan untuk ponsel entry level.

Fungsi terbaik kamera ganda di Galaxy A01 adalah live focus untuk mendapatkan efek bokeh dengan mengutilisasi kamera 13 MP (F2.2) dan 2 MP (depth). Swafoto pun bisa dibuat okeh lewat kamera 5 MP (F2.2). Mungkin fitur ini relevan untuk gen Z yang aktif melakukan swafoto.

Saya harus mengulang beberapa kali saat mengambil foto karena hasilnya goyang (blur). Tetapi ketika sudah fokus, hasilnya lumayan tajam. Terus terang kameranya memang kewalahan pada kondisi minim cahaya.

Anehnya, untuk merekam video, hasilnya justru lebih bagus. Jadi, jangan khawatir tidak bisa membuat video TikTok yang bagus menggunakan ponsel ini.

Hal lain yang saya rasakan, kombinasi RAM 2 GB dan ROM 16 GB cukup rendah pada 2020 ketika konsumsi konten pengguna sangat tinggi. Ini terjadi ketika mengunduh COD Mobile, PUBG Mobile, Free Fire, dan beberapa gim ringan lain yang tiba-tiba mendapat notifikasi bahwa memori internal sudah habis. Idealnya, pada 2020 memori 32 GB paling minim. Ya, tentu saja kita selalu bisa menambahkan microSD.

Layar 5,71 inci Infinity-V beresolusi 720 x 1.560 piksel dan 19,5:9 aspect ratio, 301 PPI, tidak istimewa, masih cukup nyaman untuk sekadar menonton video YouTube.

Intinya, Galaxy A01 adalah ponsel termurah Samsung yang bisa digunakan untuk fungsi komunikasi harian, sekadar membuat video TikTok, dan memainkan gim ringan. Ponselnya ringan dan nyaman digenggam, cukup relevan untuk gen Z yang ingin memiliki Samsung dengan bujet minim. (Danang Arradian)
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7289 seconds (0.1#10.140)