Chatbot WhatsApp Terkait COVID-19 Masih dalam Pengembangan Kominfo

Rabu, 18 Maret 2020 - 22:00 WIB
Chatbot WhatsApp Terkait COVID-19 Masih dalam Pengembangan Kominfo
Chatbot WhatsApp Terkait COVID-19 Masih dalam Pengembangan Kominfo
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) batal merilis layanan chatbot pada pesan instan WhatsApp terkait COVID-19. Sebab, chatbot tersebut masih dalam proses pengembangan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Aptika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam press conference yang ditayangkan secara live streaming, Rabu (18/3/2020).

Chatbot ini nantinya akan digunakan untuk memberi informasi terkait virus Corona, termasuk identifikasi hoax. "Kalau chatbot kami sendiri sudah punya chatbot tapi yang di Telegram, kalau di WhatsApp sedang di-develop. Dalam minggu-minggu inilah akan launching," ungkapnya.

Hingga hari ini Kemenkominfo sendiri sudah mengidentifikasi ada 250 isu hoax terkait virus Corona. Semuel menyebut ada beberapa kasus yang sudah dalam penanganan polisi. "Yang terakhir saya dengar sudah ada 6 yang ditangani, yakni jika konten-kontennya sudah meresahkan dan mengganggu ketertiban umum," imbuhnya.

Semuel berharap, dalam situasi seperti ini masyarakat tak menyebarkan informasi yang salah atau bohong. Kominfo sendiri tidak akan berhenti pada 6 kasus itu saja, mereka akan menindak tegas bagi para pembuat atau pengedar hoax.

"Bagi teman-teman, hati-hati (menyebarkan informasi) kami bisa mencari, kami sudah tangani 6 kasus, dan itu tidak kami stop di situ, bisa tetap mencari," ancamnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9094 seconds (0.1#10.140)