Flokq.com Goda Milenial dengan Apartemen Sewa Strategis

Kamis, 19 Maret 2020 - 02:49 WIB
Flokq.com Goda Milenial dengan Apartemen Sewa Strategis
Flokq.com Goda Milenial dengan Apartemen Sewa Strategis
A A A
JAKARTA - Kebutuhan hunian di Indonesia selalu tinggi seiring laju pertumbuhan penduduk yang juga signifikan. Untuk memudahkan mereka yang membutuhkan hunian, Flokq.com mencoba memberikan solusinya.

Untuk diketahui, 34% kaum milenial menjadi generasi yang mendominasi populasi Indonesia tahun ini. Dari jumlah itu, lebih dari dua pertiganya adalah lajang dan 33%-nya berniat keluar dari rumah orang tuanya untuk hidup mandiri. Terutama, bagi warga Indonesia yang baru kembali dari studi di luar negeri. Seperti Anda ketahui, di luar negeri anak usia 18 tahun umumnya sudah tidak tinggal bersama orang tuanya.

Walaupun ingin tinggal secara mandiri, status lajang membuat kaum milenial ini mengesampingkan niat untuk membeli rumah. Membeli rumah memang keputusan yang baik, khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Namun bagi banyak milenial, menyewa apartemen sudah menjadi gaya hidup. Survei dari Rent.com menyebutkan, 1.000 penyewa usia 18-34 tahun mendapati hampir 8 dari 10 orang tidak berencana membeli rumah. Alasannya cukup masuk akal.

Pertama persoalan bujet. Harga rumah yang terus naik membuat cicilan bulanannya meningkat. Jika ingin cicilan lebih ringan, risikonya tenor pinjamannya menjadi lebih panjang. Padahal dengan menyewa apartemen, mereka bisa memilih sewa bulanan sesuai bujet,” kata Anand Janardhanan, CEO Flokq.com.
.
Alasan kedua, sambung dia, tidak terikat cicilan bank. Cicilan di kantor atau di bank membuat mereka terikat. Padahal, kaum milenial cenderung hanya bertahan dua atau tiga tahun saja di kantor yang sama. Apabila terikat dengan cicilan di kantor, mereka terpaksa melepaskan peluang pekerjaan impian di perusahaan lain.

Kemudian mereka juga bisa memilih lokasi dekat kantor yang tentunya akan menghemat tenaga, waktu, dan uang. Tinggal di tempat kos premium mungkin juga menjadi pilihan bagus, tapi fasilitasnya tidak selengkap di apartemen. Selain itu, pemilik rumah umumnya memberikan sejumlah aturan dan batasan.

“Jika menyewa apartemen, mereka bisa pindah ke tempat lain ketika sudah bosan atau menemukan tempat baru yang lebih baik. Bayangkan pula bila rumah yang mereka beli ternyata berada di kawasan berpotensi banjir,” kata Anand lagi.
.
Dengan kesibukan yang semakin meningkat, kaum muda memang membutuhkan tempat tinggal yang strategis dan serbapraktis. Nah mereka cukup mengandalkan aplikasi seperti Flokq.com untuk menemukan apartemen sesuai kebutuhannya.

Melalui penyedia layanan coliving space ini, calon penyewa dapat memilih apartemen sesuai kriteria, baik itu lokasi, fasilitas, biaya sewa, bahkan teman satu flat (flatmates).

Layanan startup berbasis teknologi Flokq.com berawal dari keinginan untuk membuat warga Jakarta merasa betah tinggal di kota dengan segala rutinitasnya yang padat. Layanan ini membantu menyediakan tempat tinggal yang terjangkau di area-area strategis tanpa harus memberatkan tabungan.

“Menurut kami mengeluarkan puluhan juta rupiah hanya untuk tinggal di apartemen selama beberapa bulan sepertinya tidak begitu adil. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan ini dan terjun langsung untuk mengatasi stereotypes dari berbagi tempat tinggal,” tutur Anand.

Disebutkannya, platform Flokq.com fokus pada tiga hal, yaitu penginapan terjangkau dan nyaman, kemampuan untuk terhubung dengan orang-orang yang punya minat sama, dan memperbaiki masalah perumahan kota. Layanannya meliputi pencarian kriteria hunian seperti keterjangkauan, fleksibilitas, kenyamanan, komunitas, bahkan flatmates dengan minat dan gaya hidup yang sama.

“Member kami mendapatkan apartemen pribadi, atau kamar apartemen coliving di lokasi premium. Setiap apartemen sudah berperabot lengkap. Pilih apartemen yang sesuai kebutuhan, dengan area penting untuk kebutuhan mendasar hingga area premium seperti balkon,” tambah Anand.

Ditanya harga sewa bulanannya, dia menyebutkan, tarif sewanya mulai Rp3,9 juta, sehingga penyewa dapat memilih sesuai kebutuhan dan budget. Tarif kamar yang disediakan ialah harga all-in, mulai biaya sewa, listrik, internet, hingga laundry.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0829 seconds (0.1#10.140)