EPA Umumkan Daftar Disinfektan Sadis Pembunuh Virus Corona

Kamis, 19 Maret 2020 - 09:09 WIB
EPA Umumkan Daftar Disinfektan Sadis Pembunuh Virus Corona
EPA Umumkan Daftar Disinfektan Sadis Pembunuh Virus Corona
A A A
NEW YORK - Disaat para ilmuwan hebat berjibaku menciptkan vaksin virus corona dunia kini hanya mengandalkan cairan desinfektan yang bisa mencegah penyebaran virus Corona.

U.S. Environmental Protection Agency (EPA) atau Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat telah merilis daftar lima produk desinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona. EPA mengklaim bahwa kekuatan produk disifektan pada daftar tersebut cukup untuk melindungi diri dalam mengekang virus corona Wuhan atau COVID-19.

Menurut EPA, produk dalam daftar tersebut “sesuai dengan ketentuan untuk penggunaan terhadap COVID-19” melalui program “Emerging Viral Pathogen program” dari badan tersebut (EPA). Seorang juru bicara EPA mengatakan perusahaan harus menunjukkan produk mereka efektif terhadap virus yang bahkan lebih sulit untuk dibunuh daripada COVID-19. Mereka juga mencatat bahwa produk apa pun tanpa nomor registrasi EPA belum ditinjau oleh agensi.

Andrew Wheeler, Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup Amerika Serikat (EPA), mengatakan dalam siaran pers bahwa “menggunakan disinfektan yang sesuai adalah salah satu cara penting untuk mencegah dan mengurangi penyebaran penyakit.

Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit. Pengertian lain dari disinfektan adalah senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh disinfektan. Disinfektan tidak memiliki daya penetrasi sehingga tidak mampu membunuh mikroorganisme yang terdapat di dalam celah atau cemaran mineral. Selain itu disinfektan tidak dapat membunuh spora bakteri sehingga dibutuhkan metode lain seperti sterilisasi dengan autoklaf.

Berikut adalah beberapa disinfektan terdaftar dari EPA:

Lorox Multi Surface Cleaner + Bleach

Clorox Disinfecting Wipes

Clorox Commercial Solutions® Clorox® Disinfecting Spray

Lysol brand Heavy-Duty Cleaner Disinfectant Concentrate

Lysol Disinfectant Max Cover Mist

Lysol brand Clean & Fresh Multi-Surface Cleaner

Purell Professional Surface Disinfectant Wipes

Sani-Prime Germicidal Spray
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7437 seconds (0.1#10.140)