Klaim Bisa Sembuhkan Corona Bermunculan, Indonesia Surganya Kina

Kamis, 19 Maret 2020 - 18:05 WIB
Klaim Bisa Sembuhkan Corona Bermunculan, Indonesia Surganya Kina
Klaim Bisa Sembuhkan Corona Bermunculan, Indonesia Surganya Kina
A A A
JAKARTA - Setelah Ilmuwan China, Kini Ilmuwan Prancis mengklaim telah menyembuhkan pasien Virus Corona di rumah sakit di Paris dengan menggunakan Klorokuin zat yang terdapat di pohon kina. Jika memang Kina bisa sembuhkan Corona tentunya Indonesia sangat beruntung pasalnya pohon banyak tersedia di Indonesia.

Pohon Kina adalah salah satu tanaman langka yang tumbuh di kawasan hutan hujan tropis, termasuk Indonesia. Terdapat sekitar 11 spesies pohon kina di Indonesia. Namun hanya dua spesies yang dianggap memiliki ekonomi, yaitu Cinchona Ledge Riana Moens dengan kandungan kinin yang tinggi dan Cinchona Succirubra dengan keunggulan tahan terhadap penyakit akar. BACA JUGA: Sembuhkan Pasien Corona, Ahli Medis Prancis Gunakan Daun Kina

Banyak sekali khasitan tanaman kina yang dapat kita manfaatkan, mulai dari menurunkan demam, meredakan alergi atau jamur, menyembuhkan influenza, mengobati diare hingga mengobati penyakit malaria. Manfaat kina biasanya diambil rebusan air dari kulit batang pohonnya untuk diminum.
kulit kina Pixabay

Namun pemanfaatan ekstrak pohon kina juga harus diperhatikan baik-baik dan tidak boleh sembarangan dikonsumsi. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi ekstrak tumbuhan kina, antara lain:

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat dari ekstrak pohon kina untuk kesehatan, antara lain:
1. Menyembuhkan Malaria

Kandungan senyawa alkaloid dan kuinina yang terdapat pada tanaman kina efektif mengobati gejala penyakit malaria. Cara kerjanya dengan membunuh dan menghalangi pertumbuhan parasit yalaria yang ada di dalam aliran darah.
2. Menurunkan Panas Demam

Pohon kina juga memiliki khasiat dan manfaat untuk menurunkan panas demam karena mengandung antipiretik atau penurun demam. Bagian dari tanaman kina yang bisa dimanfaatkan adalah kulit batangnya. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan meminum air rebusan kulit kina. Setelah itu, panas demam akan berangsur mereda dan sembuh.3. Mengatasi Jamur Kulit

Bagi sebagian wanita yang ingin kulitnya bersih mulus tanpa jamur dan penyakit lainnya, sebaiknya cobalah untuk menggunakan ekstrak kulit pohon kina. Kina memiliki sifat anti jamur sehingga mampu menangkal jamur, kuman dan bakteri, serta pancaran sinar matahari.4. Mengatasi Penyakit Kanker

Khasiat tumbuhan kina juga dipakai untuk obat terapi penyakit kanker. Praktik ini telah dilakukan oleh masyarakat di Amerika Selatan. Beberapa kanker yang dapat diobati melalui terapi pohon kina adalah kanker payudara, limpa, hati, dan berbagai jenis kanker lainnya. Pohon kina yang mempunyai sifat anti inflamasi sangatcocok untuk mengobati dan mencegah penyakit kanker.5. Kesehatan Jantung

Khasiat pohon kina juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi dan mencegah penyakit jantung. Manfaat ini sudah dikenal sejak abad ke 17 dan dipercaya dapat mengobati sakit jantung dan aritmia. Fungsi zat ini benar-benar dapat dirasakan dan menyehatkan jantung terutama yang berhubungan dengan gangguan pembekuan darah. Zat alkaloid yang disebut kuinidin berperan dalam memerangi dan menghilangkan kuman dan bakteri yang menumpuk di pembuluh darah.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ekstrak kina juga dimanfaatkan dalam bidan industri atau produksi. Pohon kina dimanfaatkan dalam industri kosmetik, bio pestisida atau pestisida alami, obat untuk hewan, dan lain sebagainya. Ekstrak pohon kina juga sudah banyak dijual di pasaran sehingga dapat langsung di konsumsi dalam bentuk serbuk atau sediaan tablet.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9671 seconds (0.1#10.140)