alexametrics

E-Learning dan Streaming Sumbang Kenaikkan Trafik XL Selama WFH

loading...
A+ A-
JAKARTA - Sepekan penerapan kerja dan belajar dari rumah, XL Axiata mencatat kenaikan trafik data hingga 15% ketimbang pekan sebelumnya. Pada periode yang sama, trafik layanan suara (voice) meningkat 2% dan trafik SMS naik 3%.

Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, kenaikan trafik data XL Axiata sepanjang sepekan terakhir didukung oleh penggunaan berbagai aplikasi digital yang membantu pelanggan bekerja atau belajar dari rumah.

Gede meyebutkan, kenaikan trafik data paling tinggi terjadi pada pukul 09.00-12.00 WIB, yakni saat jam kerja. "Untuk platform belajar online atau e-learning Google Classroom melonjak trafiknya paling tinggi hingga mencapai 2.354%. Kemudian disusul dengan platform belajar online lain, yaitu Brainly 84%, Zenius 54%, Ruang Guru 48% dan Udemy 44%," sebut Gede saat acara update jaringan XL Axiata yang disiarkan secara live streaming di Jakarta, Senin (23/3/2020).



Sementara untuk platform streaming video, sambung dia, Netflix, memimpin layanan data yang paling tinggi kenaikan trafiknya hingga 46%. Dikatakannya, layanan Netflix lebih banyak diakses sore hari setelah selesai menyelesaikan kewajiban sekolah maupun bekerja.

"Banyak yang punya waktu nonton film terutama karena Netflix hampir sumbang 50%. Kenaikan terjadi di sore hari jam 4-6 sore, atau mungkin agak malam," ujar Gede.

Trafik ke aplikasi media sosial juga meningkat seiring masyarakat dan pelanggan yang memantau perkembangan informasi terkait COVID-19. Masing-masing, Facebook 11%, Instagram 2%, YouTube 3%, dan Twitter 3%.

Untuk media sosial, di mana masyarakat dan pelanggan banyak memantau perkembangan terkait wabah COVID-19, kenaikan trafik terjadi pada Facebook sebesar 11%, Instagram 2%, YouTube 3%, dan Twitter 3%.

Akses ke web browsing juga ikut meningkat 2%, termasuk ke situs yang menyediakan informasi seputar virus Corona. Aplikasi berbagai media massa online yang menyediakan berita-berita update tentang peristiwa besar ini juga meningkat signifikan, yakni rata-rata sebesar 8%.

Layanan percakapan instan seperti WhatsApp mengalami kenaikan trafik sebesar 10%, LINE 1% dan Telegram 12%. Selama berada di rumah melakukan social distance, masyarakat dan pelanggan juga mengakses sejumlah layanan penyediaan hiburan seperti game yang trafiknya naik sebesar 6% dan streaming film naik (Netflix, Hooq) 38%.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top