Ponsel Pertama yang Menggunakan Sistem Android Muncul di eBay

Jum'at, 27 Maret 2020 - 14:04 WIB
Ponsel Pertama yang Menggunakan Sistem Android Muncul di eBay
Ponsel Pertama yang Menggunakan Sistem Android Muncul di eBay
A A A
SAN JOSE - Android merupakan sistem operasi yang banyak digunakan saat ini. Tetapi, mungkin belum banyak yang tahu bagaimana bentuk smartphone yang menggunakan Android di awal kelahirannya.
Belum lama ini, perangkat yang diyakini sebagai prototipe pertama Android muncul di eBay. Cikal bakal suksesnya Android dipercaya disematkan pada ponsel bernama Sooner.

Sooner sendiri merupakan purwarupa dari merek smartphone HTC G1/Dream. Ponsel ini menjadi platform pertama yang menggunakan basis Android, tepatnya pada 2008 lalu.

Desain ponsel Sooner tidak jauh berbeda dengan produk Blackberry, lengkap dengan tombol QWERTY dan tombol-tombol navigasi yang terletak di bawah layar. Kabarnya, ponsel ini dirakit oleh Google, namun tak pernah diluncurkan.

Melansir dari Android Police, Jumat (27/3/2020), setiap perangkat Sooner di eBay ditawarkan seharga USD200 atau sekitar Rp3,2 juta per unit. Tetapi penjualnya tidak menjanjikan ponsel tersebut berfungsi sebagaimana mestinya, karena sudah termakan usia.

Dapur pacunya tentu jauh di belakang jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel Android yang ada saat ini. Sooner ditenagai oleh prosesor OMAP buatan Texas Instruments, yaitu TI OMAP 850 SoC, serta dibekali dengan RAM 64MB.

Sooner memiliki layar beresolusi 320x240 piksel. Baterainya hanya berdaya 960 mAh. Uniknya, ponsel ini dibekali satu kamera belakang dengan resolusi sensor 1,3MP. Selain itu, Sooner juga masih mengandalkan jaringan 2G dan tidak mempuni untuk mendapat dukungan WiFi.

Dari foto-foto yang diunggah penjual, Sooner dijual lengkap dengan charger dan kabel USB. Tetapi, saat ini semua unit Sooner yang dijualnya di eBay itu laku keras dan telah habis.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1211 seconds (0.1#10.140)