alexametrics

NASA Siap Kirim Robot InSihght Baru ke Mars

loading...
A+ A-
NEW YORK - NASA bersiap kirim pesawat dan robot penjelajah baru ke Mars dalam misi eksplorasi ke Planet Merah itu. Kendaraan antariksa milik NASA ini rencananya dikirim ke Mars dalam sebuah misi khusus.

Diana Trujillo, insinyur antariksa asal Colombia bertanggung jawab mengendalikan lengan robot penjelajah itu. Ia menjelaskan peran robot itu dalam pengumpulan sampel tanah, eksplorasi, dan merintis jalan untuk eksplorasi lebih lanjut, dan menyiapkan kemungkinan manusia bisa tinggal di Mars di masa depan

“Yang sedang kami lakukan adalah memahami lebih lanjut tentang Mars, mengevaluasi keberadaan air atau oksigen bagi manusia untuk dapat tinggal di sana,” lanjutnya.



Robot penjelajah Mars itu akan menguji sejumlah instrumen baru yang dapat mengubah atmosfer Mars menjadi oksigen, mendeteksi air tanah, dan mengumpulkan sampel selama lebih dari dua setengah tahun. Robot itu juga memiliki sistem pendaratan baru yang lebih baik kualitasnya.

robot bernama lengkap Interior Exploration Using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport, atau di singkat InSight ini mengirimkan foto pertamanya ke Bumi berupa permukaan Mars.

Robot senilai sekitar Rp12 triliun itu bekerja sigap. InSight lalu penutup lensa kameranya dan mengirimkan foto berikutnya berupa pemandangan dan langit Mars. Foto-foto jepretan InSight dipamerkan di akun Twitter @NASAInSight. “Cukup keindahan di sini. Menatap ke depan untuk mengeksplorasi rumah baruku,” kicau akun itu dilansir Newyorktimes .

Seperti diketahui, Mars adalah planet yang paling banyak dipelajari oleh ilmuwan. NASA dan lembaga antariksa negara lain sudah mempelajari planet merah ini lebih dari 50 tahun lalu. Tapi, misi InSight adalah terobosan yang sangat penting, lantaran selama ini penelitian hanya dilakukan di permukaan Mars.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top