alexametrics

Cegah Penyebaran COVID-19, JD.id Minta Pelanggan Tetap di Rumah

loading...
A+ A-
JAKARTA - JD.id meminta masyarakat, khususnya pelanggan untuk tetap di rumah agar bisa memutus rantai penyebaran COVID-19 yang kian masif. Perusahaan e-dagang yang terafiliasi dengan JD.com itu memegang komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik, sehingga kebutuhan pelanggan bisa sampai di rumah sesuai pesanan.

Implementasinya, JD.id akan fokus untuk menyiapkan layanan end-to-end. Mulai dari warehouse, drop point, kurir, customer service, hingga layanan purnajual (after-sales). Selain itu, juga melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk memastikan kebersihan lingkungan kerja, stok barang, paket siap kirim, serta kesehatan dan keselamatan seluruh pegawai.
Cegah Penyebaran COVID-19, JD.id Minta Pelanggan Tetap di Rumah

"Memastikan warehouse, drop point, dan pegawai yang bertugas selalu dalam kondisi bersih dan sehat. Karena kesehatan dan keselamatan pegawai maupun pelanggan adalah prioritas utama bagi JD.id, maka perusahaan telah menerapkan serangkaian kebijakan internal," kata Marketing Chief JD.id, Mia Fawzia.

Kebijakan tersebut dinamakan 5R, yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Ini merupakan pedoman kerja yang selama ini telah diterapkan oleh pegawai warehouse maupun drop point.



Mia menyebutkan, salah satu contoh adalah pelaksanaan aturan “Wajib Sanitasi Higienis” secara ketat. Mulai dari sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan sebelum pegawai memasuki area kerja, pengecekan suhu tubuh secara rutin, kewajiban mencuci tangan atau pemakaian cairan pembersih tangan, dan penggunaan sarung tangan & masker bagi seluruh pegawai warehouse.

Hal ini dilakukan demi menjaga agar barang-barang bebas segala virus dan bakteri. Selain melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area warehouse, JD.id juga melakukan penyemprotan di semua area drop point.

"Salah satu prioritas utama JD.id adalah penambahan stok barang secara berkala. Melalui upaya ini, JD.id dapat memastikan kuantitas stok produk yang memadai, terlebih dalam hal pasokan makanan, produk kesehatan, dan obat-obatan, yang saat ini paling diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat," paparnya.

Mengecek dengan teliti setiap barang yang diterima dari supplier saat proses loading dan melakukan quality control secara rutin. "Tidak sekedar terima jadi, adalah salah satu moto yang dipegang teguh oleh pegawai warehouse saat proses loading barang oleh supplier," katanya lagi.

Pegawai warehouse JD.id secara teliti mengecek sampel dari barang yang dikirim untuk memastikan barang tersebut memiliki izin edar yang resmi, memiliki info tanggal kadaluarsa yang jelas, dan layak untuk dipakai atau dikonsumsi. Mereka juga secara rutin melakukan quality control untuk memastikan penerimaan, penyimpanan, pengambilan, pengemasan, dan pengiriman barang dari warehouse berlangsung sesuai standar yang berlaku.

"Mengemas paket pesanan pelanggan dengan rapi sesuai SOP JD.id selalu memastikan paket siap kirim sudah sesuai dengan standard of procedure (SOP) yang berlaku," imbuhnya.

"JD.id juga melakukan pembersihan dan pengecekan secara rutin atas armada pengiriman. Secara berkala armada akan di cek kelayakannya, hingga kemudian dibersihkan, sebelum akhirnya digunakan untuk mengantar paket pesanan ke drop point atau langsung ke rumah pelanggan," pungkasnya.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top