alexametrics

Microsoft Tawarkan Notebook Surface Berbasis Intel dan AMD

loading...
A+ A-
REDMOND - Pekan ini prosesor Intel Tiger Lake-U mulai muncul di beragam perangkat. Sekarang giliran Microsoft Surface Laptop 4, yang diketahui juga akan tiba dengan prosesor AMD Ryzen 4000.
Microsoft bersikap adil. Raksasa Amerika itu akan menawarkan peminat perangkatnya untuk memilih antara prosesor Intel atau AMD. Tujuannya, agar calon pengguna bisa memilih apa yang paling menarik dari dua prosesor tersebut.

Biasanya, laptop "tertutup" seperti Microsoft Surface tidak memiliki banyak kemungkinan konfigurasi selain memilih jumlah RAM dan penyimpanan. Tren ini tampaknya akan berubah sekarang, karena Surface Laptop dengan prosesor Intel Tiger Lake-U telah muncul bersama AMD Ryzen 4000.

Chip Tiger Lake-U yang telah terlihat pada Laptop Surface memiliki 4 core dan 8 thread proses sama yang telah kita lihat dalam kebocoran terbaru. Chip memiliki kecepatan dasar 1.2GHz dan tampaknya tidak memiliki kecepatan turbo atau setidaknya perangkat lunak belum dapat mendeteksinya -dalam hal ini 3DMark 11.



Namun, dilaporkan laman Phone Arena, chip yang sama ini beroperasi pada 2,70GHz. Dengan begitu tampaknya prosesor yang digunakan bisa menjadi versi eksperimental.

Tes menunjukkan perangkat memiliki grafis Intel Xe, yang kinerjanya menggandakan generasi sebelumnya (Ice Lake), bersama RAM 16 GB dan 256 GB SSD. Skor yang diperoleh dalam uji 3DMark 11 berjumlah 4.349 poin dalam tes CPU, 8.412 untuk tes fisika, dan 5.540 pada tes grafis.

Angka-angka ini jauh dari mengesankan, tapi perlu diingat bahwa mereka sangat mirip dengan hasil awal yang diperoleh oleh prosesor AMD Ryzen 4000 dari kisaran yang sama.

Terlepas apa hasilnya, Microsoft akan menawarkan laptop Surface-nya dengan dua pilihan prosesor, Intel atau AMD. Untuk diketahui, biasanya harga komputer dengan prosesor AMD lebih murah ketimbang Intel.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top