alexametrics

Pentingnya Menjaga Reputasi Perusahaan lewat Pencarian Online

loading...
Pentingnya Menjaga Reputasi Perusahaan lewat Pencarian Online
Pentingnya Menjaga Reputasi Perusahaan lewat Pencarian Online
A+ A-
JAKARTA - Mesin pencari merupakan teknologi digital yang banyak dipakai masyarakat untuk mencari berbagai informasi. Sangat mudah untuk menemukan informasi sebagai wawasan pengetahuan, pendapat, komparasi sebelum interaksi dan transaksi.
Perusahaan atau organisasi perlu hadir disitu selain pengenalan dan komunikasi publik, harus juga sebagai bagian dari manajemen reputasi dalam pencarian online.Charlie M. Sianipar, founder dari Rockad berpendapat, “Manajemen reputasi pencarian online ini merupakan kegiatan dan upaya konsisten untuk mengelola brand atau nama di mesin pencari, butuh waktu untuk berproses”.Langkah ini sangat penting untuk dilakukan ketika ditemukannya ulasan atau informasi negatif yang muncul pada halaman pertama pencarian.Bagi perusahaan kecil dan UKM yang ingin proaktif menjaga reputasi nama dan brand, dapat menggunakan Google Alert yang bisa diakses secara gratis.Informasi negatif ini bisa muncul ketika pengguna mencari informasi terkait nama dan brand. Informasi tersebut bisa terkait langsung dengan bisnisnya maupun karena ada hal-hal lain yang menyerempet nama dan brand.

Ketika manajemen reputasi online tidak dijalankan dan perusahaan tidak melakukan pemantauan berkala atas nama dan brand di mesin pencari, maka informasi negatif tersebutlah yang menjadi informasi yang dianggap paling relevan menurut proses algoritma mesin pencari, bahkan kerap muncul pada urutan atas.

Baca Juga: