Trafik Jaringan dan Layanan Broadband Telkomsel Terdongkrak 16%

loading...
Trafik Jaringan dan Layanan Broadband Telkomsel Terdongkrak 16%
Trafik Jaringan dan Layanan Broadband Telkomsel Terdongkrak 16%
JAKARTA - Telkomsel terus melakukan pemantauan atas perkembangan situasi terkini terkait pandemik COVID-19 di Indonesia. Terutama mengenai jaminan kelancaran dan kemudahan telekomunikasi bagi pelanggannya.

Itu merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel sebagai connectivity enabler untuk senantiasa menyediakan layanan berkualitas dan prima untuk pelanggannya. "Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan imbauan dari pemerintah untuk beraktifitas dari rumah, hingga kini Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi, khususnya layanan broadband tertinggi mencapai 16%," ungkap Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Setyanto menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan tersebut juga didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruangguru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom, yang meningkat lebih dari 5.404%. Hal itu juga didorong dari bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30 GB yang dihadirkan perusahaan, seperti aplikasi Ruangguru dan aplikasi Paket Ilmupedia (Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper, dan ratusan situs e-learning kampus).

Setyanto menambahkan, terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja/meeting conference secara daring, seperti Zoom, Microsoft Teams, dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443%. Sebelumnya, sebagai bentuk dukungan untuk segmen pelanggan korporasi yang ingin terus produktif dalam menjalankan pekerjaan dari rumah, Telkomsel telah menghadirkan kemudahan proses bekerja online.



Misalnya, sebut dia, paket bebas kuota data hingga 60 GB untuk akses aplikasi CloudX Telkomsel. Ini merupakan solusi bisnis korporasi dalam bentuk layanan komunikasi berbasis cloud untuk chatting dan meeting yang dapat diakses melalui tablet, handphone, dan desktop. Sejak itu diluncurkan pertama kali pada Januari 2020, jumlah perusahaan yang menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel tumbuh sebesar 2.100%.

Telkomsel mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. Namun untuk trafik layanan komunikasi pesan instan (melalui Whatsapp, Line, dan Telegram) tumbuh sebesar 40%. Sedangkan dan Games Online meningkat 34%.

Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif game portal & media platform milik Telkomsel. Yaitu, Dunia Games sebesar 56% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.



Untuk layanan hiburan seperti streaming video semisal melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17%. Lonjakan juga didukung dengan tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18% dibandingkan bulan sebelumnya.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR ANDA
preload video
Top