alexametrics

Benarkah Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Air? Ini Jawaban Sejuk Para Ahli

loading...
A+ A-
CALIFORNIA - Para ilmuwan tahu virus Corona termasuk dalam virus SARS-CoV-19 yang bertanggung jawab atas pandemik COVID-19. Virus ini dapat menular selama berhari-hari bahkan lebih lama, termasuk dalam air limbah dan air minum.

Dua peneliti, Haizhou Liu, Profesor Teknik Kimia dan Lingkungan di Universitas California dan Vincenzo Naddeo, Direktur Divisi Teknik Lingkungan Sanitasi di Universitas Salerno, telah menyerukan pengujian lebih lanjut dalam metode pengolahan air. Namun, apakah metode pengolahan air efektif dalam membunuh SARS-CoV-19 dan virus Corona?

Virus ini dapat diangkut dalam tetesan air mikroskopis atau aerosol, yang masuk ke udara melalui penguapan atau semprotan. Para peneliti menulisnya dalam editorial untuk Ilmu Lingkungan.



"Pandemik COVID-19 yang sedang berlangsung menyoroti kebutuhan mendesak untuk evaluasi yang cermat terhadap nasib dan pengendalian virus menular ini di lingkungan," kata Liu, dikutip dari Sciencedaily.

Selama wabah SARS 2003 di Hongkong, kebocoran limbah menyebabkan sejumlah kasus melalui aerosolisasi. Meskipun tidak ada kasus COVID-19 yang diketahui disebabkan oleh kebocoran limbah, virus Corona masih terkait erat dengan SARS dan bisa menginfeksi melalui rute tersebut.

"Insinyur lingkungan seperti kami berada pada posisi yang tepat untuk menerapkan keahlian kami guna memenuhi kebutuhan ini dengan kolaborasi internasional untuk melindungi kesehatan masyarakat," tuturnya.

Virus Corona juga dapat mengkolonisasi biofilm yang melapisi sistem air minum, menjadikan showerhead sebagai sumber kemungkinan transmisi aerosol. Jalur transmisi dianggap sebagai sumber utama paparan bakteri, misalnya menyebabkan penyakit Legionnaire.

Untungnya, sebagian besar pengolahan air dianggap membunuh atau menghilangkan virus Corona secara efektif, baik dalam air minum maupun air limbah. Oksidasi dengan asam hipoklorit atau asam perasetat dan inaktivasi oleh iradiasi ultraviolet, serta klorin dianggap dapat membunuh virus Corona.

Dalam instalasi pengolahan air limbah yang menggunakan bioreaktor membran, efek sinergis dari mikroorganisme menguntungkan proses ini. Pemisahan fisik padatan tersuspensi mampu menyaring virus yang terkonsentrasi di lumpur limbah.

Liu dan Naddeo memperingatkan sebagian besar dari metode ini belum dipelajari untuk efektivitasnya, khususnya pada SARS-CoV-19 dan virus Corona lainnya. Mereka meminta penelitihan tambahan untuk uji laboratorium.

Mereka juga menyarankan untuk memperbaiki infrastruktur pengolahan air minum dan air limbah yang ada di titik wabah, yang memungkinkan menerima virus Corona dari tempat-tempat seperti rumah sakit, klinik masyarakat, dan panti jompo. Sebagai contoh, penggunaan energi yang efisien, pemancar cahaya, berbasis diode dan ultraviolet dapat mendisinfeksi air sebelum memasuki sistem pengolahan publik.

Sistem penggunaan kembali air yang layak minum, yang memurnikan air limbah menjadi air ledeng juga perlu penyelidikan menyeluruh untuk menghilangkan virus Corona. Hal ini menjadi catatan bagi para peneliti dalam membuat standar peraturan baru untuk desinfeksi.

Sejauh ini belum diketahui virus dapat berkoloni dalam biofilm. Biofilm adalah pertumbuhan bakteri tipis dan berlendir yang melapisi pipa sistem air minum yang sudah tua. Pemantauan virus Corona lebih baik dalam biofilm dan diperlukan untuk mencegah wabah tersebut.

Liu dan Naddeo meminta ahli kimia, insinyur lingkungan, ahli mikrobiologi, dan spesialis kesehatan masyarakat untuk mengembangkan solusi multidisiplin dan praktis untuk air minum yang aman dan lingkungan air yang sehat. Air limbah olahan yang dibuang ke saluran air alami membutuhkan pemantauan yang cermat melalui seluruh siklus air.

"Sekarang jelas bagi semua bahwa globalisasi juga menimbulkan risiko kesehatan baru. Jika sistem air dan sanitasi tidak memadai, risiko menemukan virus baru sangat tinggi," kata Naddeo.

Dia juga mengungkapkan, pemerintah negara maju harus mendukung dan membiayai sistem air dan sanitasi di negara berkembang. Ini juga merupakan skenario yang bertanggung jawab dan ideal untuk melindungi warga negara sendiri.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top