Corona Menjinak, Ahli Ingatkan Gejalanya Tak Lagi Batuk dan Demam

Selasa, 07 April 2020 - 10:06 WIB
Corona Menjinak, Ahli Ingatkan Gejalanya Tak Lagi Batuk dan Demam
Corona Menjinak, Ahli Ingatkan Gejalanya Tak Lagi Batuk dan Demam
A A A
NEW YORK - Virus Corona COVID-19 yang terus bermutasi bahkan para ahli mengatakan bahwa masu bulan April 2020 virus ini telah memasuki fase jinak. Oleh karenanya perubahan fase itu tak lagi virus ini menyebabkan batuk kering, sesak napas dan demam akan tetapi gejalanya menjadi nyeri otot.

Peneliti dari Universitas New York menemukan hubungan antara nyeri otot dan kasus COVID-19 yang serius selama analisis terhadap 53 pasien di Wenzhou, Tiongkok.

Megan Coffee, ahli penyakit menular yang memimpin penelitian, mengatakan nyeri otot yang dalam, yang dikenal sebagai mialgia, sering diperlihatkan oleh pasien.

Namun, Prof. Coffee mengatakan dia akan bertanya kepada pasien tentang sesak napas sebelum gejala lain yang kurang serius, seperti sakit tubuh.

Dia mengatakan kepada Business Insider: “Harapan kami adalah untuk membantu dokter pada tahap pertama untuk dapat mengidentifikasi siapa yang mungkin sakit karena banyak kasus ringan.”

Nyeri ini disebabkan oleh bahan kimia yang disebut sitokin yang dilepaskan ke dalam tubuh sebagai respons terhadap infeksi, menurut The Sun.

Para peneliti juga menemukan bahwa perubahan pada enzim hati alanine aminotransferase (ALT) dan kadar hemoglobin adalah tanda-tanda kasus virus corona yang paling serius.

Ribuan urutan genetik virus telah diunggah ke database terbuka NextStrain yang menunjukkan bagaimana virus bermigrasi dan membelah menjadi subtipe baru.

Para peneliti mengatakan data menunjukkan virus corona bermutasi rata-rata setiap 15 hari, menurut National Geographic.

Salah satu pendiri NextStrain, Trevor Bedford, mengatakan bahwa mutasi sangat kecil sehingga tidak ada satu strain yang lebih mematikan daripada yang lain.

Para peneliti juga percaya strain tidak akan tumbuh lebih mematikan ketika berevolusi.

Bedford mengatakan kepada National Geographic: "Mutasi ini benar-benar jinak dan berguna sebagai potongan teka-teki untuk mengungkap bagaimana virus menyebar." tulis The Sun Minggu (5/4/2020).

Dia menambahkan berbagai jenis virus memungkinkan untuk melacak penularannya dan seberapa luas penyebarannya, yang mengindikasikan apakah kebijakan isolasi sendiri berdampak.

“Kita akan dapat mengetahui seberapa jauh transmisi yang kita lihat dan menjawab pertanyaan,‘ Bisakah kita melepaskan kaki kita dari gas? ” Kata Bedford.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7198 seconds (0.1#10.140)