Lagi, XL Axiata-Karyawan Donasi Rp10,8 Miliar untuk Perangi COVID-19

Selasa, 07 April 2020 - 22:37 WIB
Lagi, XL Axiata-Karyawan Donasi Rp10,8 Miliar untuk Perangi COVID-19
Lagi, XL Axiata-Karyawan Donasi Rp10,8 Miliar untuk Perangi COVID-19
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menyerahkan donasi untuk mendukung pemerintah dalam penanggulangan COVID-19 di Indonesia. Donasi senilai lebih dari Rp10,8 miliar tersebut diserahkan dalam bentuk dana tunai Rp10 miliar dan selebihnya berupa beragam alat perlindungan diri (APD).

"Sebagian dari donasi ini berasal dari partisipasi karyawan yang terkumpul lebih dari Rp818 juta," kata Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, saat menyerahkan donasi kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diterima oleh Doni Monardo, Kepala BNPB di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, melihat perkembangan di beberapa hari terakhir, pihaknya turut prihatin dan tidak bisa berpangku tangan melihat upaya keras pemerintah, berbagai instansi, juga pastisipasi masyarakat luas di berbagai daerah dan di semua lapisan. Khususnya kawan-kawan paramedis yang berjibaku menghadapi pasien yang terus bertambah," ujar Dian.

Karena itu, lanjut dia, meskipun sudah sempat beberapa waktu lalu menyerahkan donasi melalui BNPB juga, perusahaan terus mencari cara bagaimana bisa mendapatkan lagi dana agar bisa didonasikan kembali. "Syukur alhamdulillah, saat ini kami bisa mengalokasikan dukungan dana hingga total sekitar Rp10 miliar. Kemudian melalui program donasi partisipasi karyawan XL Axiata yang juga ikut aktif menggalang dana secara patungan ditambah dukungan perusahaan, telah terkumpul sekitar Rp800 jutaan,” sebutnya.

Dian menuturkan, donasi dari XL Axiata akan disalurkan dalam bentuk tunai sebesar Rp10 miliar melalui BNPB. Selanjutnya dari Rp10 milliar tersebut akan disalurkan ke Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebesar Rp5 miliar dan Palang Merah Indonesia (PMI) senilai Rp5 miliar.

Kemudian yang sebesar Rp800 juta akan diserahkan dalam bentuk APD. Semuanya disalurkan langsung ke sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan utama penanganan COVID-19.

Menurut Dian, XL Axiata akan terus mencermati perkembangan penanganan Covid-19 ini. Sebagai perusahaan yang juga memiliki lebih dari 1.600 karyawan beserta keluarganya di berbagai daerah, perusahaan memandang partisipasi aktif dalam mitigasi COVID-19 juga merupakan bagian dari upaya untuk melindungi keluarga besar XL Axiata.

Dukungan donasi XL Axiata kali ini kemungkinan juga bukan yang terakhir kalinya. Manajemen XL Axiata telah menyiapkan dana khusus jika sewaktu-waktu memang perlu untuk kembali mendukung mitigasi virus Corona sesuai perkembangan yang ada.

Sebelumnya, XL Axiata telah memberikan dukungan komunikasi kepada BNPB berupa perangkat APD untuk petugas medis, layanan telekomunikasi dan data yang terdiri dari akses gratis untuk penggunaan telpon, SMS, dan data/internet, serta penggunaan MS Office plus edukasi kepada masyarakat/publik melalui pengiriman pesan SMS secara rutin seputar COVID-19.

Selanjutnya, XL Axiata juga akan memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di area Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang saat ini menjadi rumah sakit darurat khusus pasien COVID-19 dan di rumah sakit yang fokus pada penanganan virus Corona. Untuk itu, satu unit mobil BTS telah ditempatkan untuk mendukung aktifitas komunikasi para petugas medis dan pasien.

Masih termasuk dalam kerja sama ini, XL Axiata membantu pengiriman SMS blast dari BNPB kepada pelanggan yang berisi informasi seputar penanganan Covid-19, serta materi sosialisasi dan edukasi terkait pandemik virus berbahaya ini. Melalui sarana itu, pelanggan XL Axiata dan masyarakat luas bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan terbaru penanganan wabah. Ditambah prosedur penanganan jika diduga ada masyarakat yang tertular, hingga rumah sakit mana saja yang menangani pasien COVID-19 di berbagai daerah.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7054 seconds (0.1#10.140)