Pemerintah Disarankan Buat Aplikasi Serupa Zoom

Rabu, 08 April 2020 - 12:01 WIB
Pemerintah Disarankan Buat Aplikasi Serupa Zoom
Pemerintah Disarankan Buat Aplikasi Serupa Zoom
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi I Dpr Ri Nurul Arifin mempertanyakan kenapa pemerintah tidak merilis layanan video konferensi serupa Zoom. Mengingat Zoom saat ini sedang banyak diterpa isu keamanan data dan privasi pengguna.

"Kan dikatakan Zoom ini tidak aman, bisa kemana-mana, bisa merembes, didengar, direkam dan sebagainya. Apakah Menkominfo tidak membuat sendiri aplikasi yang seperti ini secara temporary sesuai kebutuhannya," kata Nurul dala, Rapat Kerja Komisi I DPR secara virtual, Selasa (7/4/2020).

Menurut Nurul, aplikasi seperti zoom buatan pemerintah diperlukan agar bisa menjamin keamanan data pengguna. Oleh karena itu, dia menanyakan lebih lanjut apakah pemerintah berniat membuat aplikasi semacam Zoom.

Menjawab pertanyaan tersebut, Menteri Kominfo, Johnny G Plate mengatakan jika pemerintah memang sedang menyiapkan aplikasi yang dimaksud.

Ia juga menjabarkan bahwa salah satu operator telekomunikasi, Telkomsel, memiliki layanan virtual meeting.

"Aplikasi khusus, saat ini kami sedang mempelajari dua. Kami mengetahui bahwa operator operator seluler Telkomsel juga menyiapkan model yang sama untuk virtual meeting yang saat ini mereka dikembangkan sebagai alternatif untuk penggunaan di Indonesia," ujar Johnny.

Selain itu, pihak Kementerian Kominfo mempelajari bagaimana membangun aplikasi di lingkungan sendiri. Nantinya akan digunakan dan dikendalikan melalui Kominfo atau pemerintah.

"Kami juga mempelajari bagaimana membangun aplikasi sendiri di lingkungan Kominfo, untuk digunakan dan dikendalikan melalui sentral kontrol Kominfo atau pemerintah," tandasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7158 seconds (0.1#10.140)