Riset Buktikan Tanaman Lebih Cerdas dari yang Kita Bayangkan

loading...
Riset Buktikan Tanaman Lebih Cerdas dari yang Kita Bayangkan
Riset Buktikan Tanaman Lebih Cerdas dari yang Kita Bayangkan
JAKARTA - Tanaman atau tumbuhan ternyata memiliki kecerdasan yang tidak kita bayangnya sebelumnya. Penelitian terbaru menyatakan beberapa tanaman memiliki kemampuan luar biasa untuk bangkit dari cedera yang dialami.

Sebagian bunga yang terluka melakukan pertahanan diri dengan menekuk dan memutar diri kembali ke posisi terbaiknya. Ini dilakukan untuk memastikan hasil reproduksi berjalan baik dalam 10-48 jam setelah cedera, seperti menumbangkan ranting atau berkembang terus.

Reproduksi banyaknya bunga dan kelangsungan hidup populasi bergantung pada keselarasan sempurna organ seksual dan tabung nektar. Mereka bekerja untuk menarik serangga agar hinggap dan memberikan serbuknya.

Profesor Ekologi dan Evolusi, Scott Armbruster, di Universitas Portsmouth, Inggris, telah menerbitkan hasil temuannya di Phytologist Baru. Dia mengatakan, beberapa tanaman mampu memulihkan keselarasan lebih baik setelah cedera daripada yang lain.



"Kecelakaan mekanis pada tanaman cukup sering terjadi. Dalam beberapa kasus, ini menghentikan tanaman untuk menarik serangga penyerbuk dan membuat biji. Membuat benih dan menyebarkan adalah tujuan utama bunga agar cedera yang dialami tidak menimbulkan masalah besar," kata Scott, dikutip dari phys.

Penelitian ini menemukan bahwa bunga simetris bilateral, bunga di mana sisi kiri dan kanan saling mencerminkan seperti snapdragon, anggrek, dan kacang manis, hampir selalu dapat mengembalikan orientasinya dengan benar. Mereka menggerakkan masing-masing batang bunga atau bahkan menggerakkan tangkai yang mendukung sekelompok bunga.

Dalam beberapa kasus, bunga simetris bilateral dapat secara akurat memposisikan ulang stigma mereka. Organ seksual kembali aktif setelah cedera.



Gerakan tanaman setelah cedera bukan hanya berbicara tentang membuat benih. Tanaman-tanaman ini terlihat membengkokkan atau memutarkan diri untuk memastikan daunnya kembali menghadap matahari karena diperlukan fotosintesis, proses di mana tanaman menghasilkan makanannya.
halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR ANDA
preload video
Top