alexametrics

Mobil Super Canggih Diterjunkan Bantu Basmi Virus COVID-19

loading...
A+ A-
FLORIDA - “Modern problems require modern solutions (masalah modern memerlukan solusi modern),” merupakan kalimat dalam sebuah meme yang sempat menjadi tren di sosial media. Meme itu berasal dari potongan film komedi berjudul Chappelle's Show (2003).

Mungkin kalimat di meme itu juga yang mewakili penggunaan teknologi modern dalam menghadapi pandemi COVID-19. Misalnya yang dilakukan oleh organisasi kesehatan nirlaba asal Amerika Serikat, Mayo Clinic.

Sebagai upaya membantu menangani virus corona yang sudah parah di Negeri Paman Sam, Mayo Clinic mengerahkan mobil tanpa awak. Tugasnya adalah melakukan pengetesan corona secara masal, dengan sistem lantatur atau drive-thru.



Mengutip dari New Atlas, Kamis (9/4/2020), mobil otonom ini sudah digunakan sejak akhir Maret lalu. Bentuknya seperti minibus. Fungsinya untuk mengantarkan sampe tes corona dari pos pemeriksaan ke labolatorium untuk diuji.

Meski tidak dikendalikan supir, tetapi mobil tersebut tetap dipantau oleh pusat komando, dan melaju sesuai rute yang telah ditentukan. Rute yang diambil juga bebas dari pejalan kaki dan lalu lintas kendaraan lain.

Penggunaannya terbilang efektif, karena selain menghemat tenaga manusia, juga meminimalisasi pekerja medis ikut terpapar COVID-19.

Mayo Clinic memiliki empat buah mobil berteknologi kecerdasan buatan itu. Untuk mendapatkannya, organisasi tersebut menggandeng otoritas transportasi di Jacksonville, perusahaan rintisan Beep, dan Nayva.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top