Google Protes, Akan Tutup Kantor Perwakilan di Rusia

Jum'at, 12 Desember 2014 - 18:16 WIB
Google Protes, Akan Tutup Kantor Perwakilan di Rusia
Google Protes, Akan Tutup Kantor Perwakilan di Rusia
A A A
MOSKOW - Raksasa internet asal Amerika Serikat, Google Inc akan segera menutup kantor engineering di Rusia sebagai bentuk protes terkait kebebasan internet dan hukum mengenai praktek-praktek penanganan data.

Meski akan menutup kantor di Rusia, Reuters, (12/12/2014), melaporkan bahwa Google akan tetap mempertahankan beberapa karyawan untuk membantu kemitraan bisnis dibidang pemasaran dan komunikasi.

Kabar Google akan menutup kantor di Rusia mulai berhembus sejak Juli lalu. Saat itu parlemen Rusia mengesahkan UU yang memaksa situs internet yang menyimpan data pribadi warga negara Rusia untuk melakukannya di dalam negeri.

Parlemen mengatakan hal ini harus dilakukan untuk perlindungan data keamanan dalam negeri Rusia. Tetapi kritikus melihat keputusan itu sebagai serangan terhadap jaringan sosial.

Hingga kini belum ada tanggapan resmi dari Google terkait penutupan kantor mereka di Rusia. UU itu sendiri disahkan parlemen menyusul adanya aturan bahwa blog dengan jumlah kunjungan harian lebih dari 3.000 pengunjung harus melapor. Kalau tidak dapat di tutup tanpa pemberitahuan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7466 seconds (0.1#10.140)