Google, Microsoft dan Facebook Ditantang Empat Media

Jum'at, 20 Maret 2015 - 17:26 WIB
Google, Microsoft dan Facebook Ditantang Empat Media
Google, Microsoft dan Facebook Ditantang Empat Media
A A A
MOUNTAIN VIEW - Tiga perusahaan raksasa teknologi, yakni Google Inc, Facebook Inc dan Microsoft Corp ditantang CNN Internartional, Financial Times, Guardian dan Reuters. Keempat media ini membentuk aliansi yang memungkinkan pengiklan digital membeli ruang iklan secara langsung ke empat media tersebut.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (20/3/2015), aliansi ini dijuliki dengan nama Pangaea Alliance. Dalam sebuah pernyataannya, mereka meminta pengiklan agar dapat membeli ruang di situs web mereka, menggunakan teknologi program iklan. Rencananya, program ini akan mulai beroperasi sebagai tahap uji di April mendatang, melalui perusahaan teknologi iklan Rubicon Project Inc.

Menurut peneliti ZenithOptimedia, pasar iklan display online diestimasikan bernilai sekitar USD70 miliar atau sekitar Rp916,54 triliun. Dari nilai itu, sebagian besar dikuasai oleh perusahaan teknologi raksasa.

Mereka (perusahaan teknologi raksasa) melayani ruang iklan, melalui platform online. Chief Executive Officer WPP Plc, Martin Sorrell mengungkapkan, pihaknya menghabiskan sebanyak 4 miliar pound atau senilai Rp77,37 triliun untuk iklan yang dipasang melalui Google pada 2015.

"Pangaea akan memberikan satu solusi untuk program pengiklan agar dapat mengambil alih," ujar Direktur Pendapatan Global Guardian News & Media, Tim Gentry.

Salah satu contoh perusahaan iklan digital sukses adalah Rubicon Project. Perusahaan berhasil memperoleh pendapatan sekitar USD6 miliar atau kisaran Rp78,56 triliun per hari. Bisa diperkirakan berapa pemasukan yang bisa diperoleh media, jika iklan digital langsung masuk ke mereka dan tidak melalui perusahaan raksasa teknologi itu lagi.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7793 seconds (0.1#10.140)