Perlombaan Fast Charging Baterai Smartphone Sudah Mencapai 120W

Selasa, 14 Juli 2020 - 09:56 WIB
loading...
Perlombaan Fast Charging Baterai Smartphone Sudah Mencapai 120W
Perusahaan smartphone berlomba-lomba menghasilkan teknologi fast charging tertinggi untuk baterai ponsel. Karena mereka kesulitan menambah kapasitas baterai ke produknya. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Pabrikan smartphone kesulitan untuk menjejali baterai berkapasitas lebih besar ke dalam ponselnya. Karena itu, mereka memutuskan untuk mencari cara lain yang terkait dengan power dari handphone. (Baca juga: Ikuti Jejak Apple, Samsung Bisa Bikin Susah Konsumen Flagship )

Seperti yang kita lihat, semakin banyak pembuat handphone sedang mengembangkan teknologi pengisian cepat (fast charging) mereka sendiri. Saat ini, kecepatan pengisian maksimum smartphone adalah 65W.

Jelas, produsen tidak berhenti menjelajah untuk mendapatkan kecepatan pengisian maksimal. Jadi jangan heran akan ada teknologi pengisian daya lebih tinggi yang muncul di handset mendatang. Dan ketika kita berbicara tentang fast charging terbaru, maka teknologinya akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

Pada 13 Juli 2020, iQOO merilis video berdurasi 15 detik dan memamerkan bagaimana teknologi pengisian daya ultra-cepat 120W akan bekerja. Secara kebetulan, Oppo juga secara resmi mengumumkan teknologi pengisian daya supercepat 125W pada hari yang sama.

Tetapi perusahaan ini mengatakan, rincian lebih lanjut akan dirilis pada 15 Juli. Produksi massal iQOO 120W dan pengumuman teknologi baru Oppo menyebabkan banyak kegemparan di pasar.

Laman Giz China melaporkan, ketika berbicara teknologi pengisian cepat, maka publik harus mengingat Xiaomi. Mereka telah mengumumkan teknologi pengisian cepat 120W sendiri beberapa bulan lalu. Sebelumnya, elite perusahaan, Lei Jun, mengatakan, pengisian daya ponsel tertingginya dapat mencapai 100W. Kenyataannya, saingan Xiaomi telah mencapai angka itu dan bahkan melampauinya.
Perlombaan Fast Charging Baterai Smartphone Sudah Mencapai 120W

Seberapa Cepat Kecepatan Pengisian 120W?
Slogan Oppo adalah 'Mengisi daya selama lima menit dan berbicara selama dua jam'. Teknologi pengisian cepat 44W yang diluncurkan oleh iQOO juga luar biasa.

Pengisian cepat 44W dari generasi pertama iQOO dapat mengisi baterai hingga 50% dalam 15 menit. Fitur dapat sepenuhnya mengisi daya ponsel dalam waktu 45 menit.

Oppo Reno 4 Pro yang mendukung flash charge 65W dapat mengisi baterai hingga 66% dalam 15 menit, sekaligus mengisi penuh baterai handphone dalam waktu 36 menit. Dan sekarang ada pengisian cepat 120W, jadi seberapa cepat kecepatan pengisiannya?
Perlombaan Fast Charging Baterai Smartphone Sudah Mencapai 120W

Di MWC 2019, vivo telah menunjukkan teknologi pengisian daya ultra cepat 120W yang dikembangkan secara independen. Waktu itu analisis melihat baterai 4.000 mAh dapat diisi hingga 100% hanya dalam 13 menit.

Potensi Ponsel Meledak saat Mengisi Baterai
Dibandingkan kecepatan pengisian, semua orang masih harus lebih memerhatikan keamanan perangkat dan lingkungan sekitar. Untuk diketahui, teknologi pengisian cepat yang ada saat ini di pasaran semuanya menggunakan serangkaian solusi dua-inti, seperti tegangan pengisian 10V.

Idealnya, resistansi internal kedua sel itu sama. Kemudian masing-masing diberi tegangan 5V. Dalam keadaan genap, kehilangan IC dan panas yang dihasilkan buck sangat rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2935 seconds (0.1#10.140)