Bikin Ketawa, Logam di Masker Disebut Antena 5G Penyebab COVID-19

Rabu, 15 Juli 2020 - 04:44 WIB
loading...
Bikin Ketawa, Logam di Masker Disebut Antena 5G Penyebab COVID-19
Beredar hoax bahwa logam pada masker yang digunakan untuk menangkal COVID-19 sebagai antena 5G penyebar virus Corona. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Konyol. Teori konspirasi 5G dan virus Corona kembali mengemuka. Kali ini disebutkan bahwa logal pada masker bedah medis sebagai antena 5G penyebab COVID-19. (Baca juga: Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita )

Sebelumnya juga pernah beredar hoax yang mengintegrasikan dua kisah terbesar tahun ini, yaitu 5G dan COVID-19. Detailnya, di bulan April, aktor Woody Harrelson mengunggah di halaman Instagram-nya tentang sebuah laporan yang ditulis oleh Profesor Martin Pall dari Washington State University.

Makalah Profesor Pall menyimpulkan menara 5G di Wuhan, China bertanggung jawab atas "replikasi virus atau penyebaran atau kematian penyakit (vitus Corona)". Wuhan adalah kota pintar pertama di sana dengan jumlah stasiun pangkalan 5G meningkat dari 31 pada akhir 2018 menjadi lebih dari 10.000 setahun kemudian.

Profesor itu mengatakan, tingkat keparahan penyebaran meningkat ketika jumlah menara 5G di Wuhan meningkat. Teori ini menyebabkan serangan fisik terhadap menara 5G oleh para pengacau di China, AS, dan Inggris. Menariknya, ketika Harrelson membantu menyebarkan teori konspirasi, kebenarannya adalah aktor tersebut mengakui bahwa dia tidak pernah memeriksa laporan Pall.

Akhir pekan ini, teori konspirasi 5G terbaru mulai mencuat kembali. Laporan-laporan ini mengklaim potongan logam yang ditemukan di dalam masker bedah adalah antena 5G. Seperti dicatat oleh Forbes, ketakutannya adalah "antena" ini digunakan untuk melacak orang menggunakan sinyal 5G atau digunakan untuk membuat orang sakit.

Seperti yang diketahui kebanyakan orang, alasan strip logam yang bisa ditekuk adalah untuk membuat masker lebih pas di atas hidung atas. Sehingga topeng tidak meninggalkan celah setiap kali pemakai menghembuskan napas.

Masker wajah bedah saat ini telah ada dalam bentuk saat ini sejak tahun 1970-an, jauh sebelum smartphone pernah memasuki kehidupan kita. Strip logam berada di dalam topeng saat itu sehingga kami dapat meyakinkan Anda bahwa itu tidak ada hubungannya dengan sinyal 5G.

Jika Anda ingin tahu bagaimana desas-desus ini menyebar dan siapa yang menyebarkannya, WMAZ Georgia membagikan video tentang seorang wanita yang sedang membuka topeng bedah untuk memperlihatkan strip logam di dalamnya. Dia menyebutnya kawat 5G dan mengatakan bahwa itu masuk langsung ke otak pengguna.

Benarkah itu? Benar-benar tidak. Jangan gunakan teori konspirasi konyol ini sebagai alasan untuk tidak memakai topeng atau memanfaatkan konektivitas 5G yang lebih cepat.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)