Asset Performance Management Telkomsel, Cara Cerdas Tingkatkan Produktivitas

Rabu, 15 Juli 2020 - 09:31 WIB
loading...
Asset Performance Management Telkomsel, Cara Cerdas Tingkatkan Produktivitas
Telkomsel terus berinovasi. Kini, perusahaan telekomunikasi terkemuka ini menyediakan berbagai solusi digital guna mendukung inisiatif pemerintah mewujudkan Revolusi Industri 4.0.
A A A
JAKARTA - Telkomsel terus berinovasi. Kini, perusahaan telekomunikasi terkemuka ini menyediakan berbagai solusi digital guna mendukung inisiatif pemerintah mewujudkan Revolusi Industri 4.0.

Salah satu inovasi Telkomsel adalah Asset Performance Management, sebuah layanan yang dapat mengotomasi pemantauan secara digital di lokasi dan kondisi barang atau aset termasuk suhu, kelembaban, dan tekanan udara secara real-time.

Dengan demikian perusahaan Anda dapat menghemat biaya operasional, karena mampu mengurangi bahkan menghapus sama sekali human error, dan memastikan kualitas produk tetap terjaga. Asset Performance Management akan mentransformasi sistem pemantauan tradisional yang masih mengandalkan pengelolaan data manual yang kurang efisien, rumit, dan berisiko terjadi kesalahan ke sistem digital.

“Solusi ini dapat diterapkan di lintas industri, seperti makanan dan minuman, fast-moving consumer goods (FMCG), farmasi, logistik, dan manufaktur yang mana implementasi use case-nya seperti cold chain monitoring, pengelolaan inventaris, dan shipment monitoring,” ujar CEO Telkomsel Setyanto Hantoro saat memperkenalkan layanan inovatif ini, Kamis (9/7/2020).

Layanan inovatif ini merupakan komitmen Telkomsel mendukung revolusi Industri 4.0 yang mengintegrasikan teknologi berbasis IoT di berbagai industri guna menjawab kebutuhan bisnis di masa mendatang yang menuntut kecepatan dan ketepatan. Asset Performance Management Telkomsel menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan produktivitas, dan ketika diterapkan secara nasional, untuk meningkatkan daya saing Indonesia.

Ada tiga elemen kunci dalam solusi ini, yaitu: IoT Sensors (Bees dan Beacons), IoT Platform, dan Online Dashboard. Pertama, IoT Sensors merupakan solusi IoT yang terdiri dari dua tipe sensor, yakni Bee (Smart Gateway) dan Beacon, yang dapat diimplementasikan pada aset indoor maupun outdoor untuk mendeteksi variabel di titik penempatannya seperti suhu, pencahayaan, kelembaban, tekanan udara, hingga lokasi secara real-time.

Kedua, IoT Platform yang berfungsi sebagai infrastruktur dan aplikasi untuk manajemen data, termasuk cloud dan data analytics. Ketiga adalah Online Dashboard yang dapat diakses melalui laptop juga smartphone di mana saja dan kapan saja, lengkap dengan fitur real-time condition, historical reports, dan notifications and alerts. Untuk informasi lebih lanjut tentang Asset Performance Management, silakan akses di sini https://telkomseliot.com/wp-apm

Di tengah pandemi yang berdampak besar pada ekonomi global, Telkomsel tertantang untuk memberi solusi terbaik dan teknologi adalah faktor penting yang membantu kita bergerak maju. Sebagai enabler konektivitas, Telkomsel akan terus bekerja keras dalam menciptakan inovasi digital untuk menjaga orang-orang tetap terhubung dan membantu industri mempertahankan bisnis.

“Telkomsel ingin mengajak semua orang dengan visi bersama untuk berkolaborasi, bekerja bahu membahu untuk membantu masyarakat melewati situasi menantang dengan lebih kuat," kata Setyanto.

Asset Performance Management adalah solusi kolaborasi antara Telkomsel dan Roambee, sebuah startup IoT yang berbasis di Silicon Valley, AS, yang menyediakan solusi berbasis IoT end-to-end untuk pemantauan aset. Roambee adalah startup inovatif yang telah didanai oleh Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) sebagai unit Corporate Venture Capital Telkomsel.

Salah satu peran utama Roambee adalah mengaktifkan Smart Gateway (sensor yang terhubung langsung ke cloud) dan Smart Beacon (terhubung ke Smart Gateway dan dapat dipasang di indoor dan outdoor) sebagai Sensor IoT untuk Asset Performance Management.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2728 seconds (0.1#10.140)