Pasokan Mesin Diesel Toyota Indonesia Masih Andalkan Thailand

Rabu, 24 Juni 2015 - 14:28 WIB
Pasokan Mesin Diesel Toyota Indonesia Masih Andalkan Thailand
Pasokan Mesin Diesel Toyota Indonesia Masih Andalkan Thailand
A A A
JAKARTA - Rencana PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan memproduksi mesin diesel di pabrik ketiganya di Karawang, Jawa Barat masih belum bisa diwujudkan. Saat ini TMMIN hanya memproduksi mesin bensin dan ethanol di Indonesia untuk Innova dan Fortuner.

Terkait hal ini Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengatakan kalau mesin diesel belum cocok untuk pasar Indonesia. Karena alasan itu tidak ada rencana produksi mesin diesel di Tanah Air.

"Mesin diesel belum menjadi prioritas untuk area ASIA. Mesin itu biasanya dipakai di Eropa. Kami (TMMIN) masih tetap produksi mesin bensin dan ethanol," kata Warih.

Mesin diesel yang dimaksud berkode GD menggantikan mesin lama berkode KD terdiri dari tipe 2.8-liter 1GD-FTV dan 2.4-liter 2GD-FTV. Saat ini sudah digunakan new Toyota Hilux di Thailand. Mesin ini menggunakan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk menekan emisi Nitrogen Oksida hingga di bawah 100%.

Toyota Indonesia masih memproduksi dua jenis mesin TR yakni 2.0-liter (1TR) untuk Kijang Innova dan 2TR 2.7-liter untuk Fortuner. Sedangkan untuk Innova dan Fortuner Diesel kode KD kapasitas 2.5-liter cc masih didatangkan dari Thailand.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8053 seconds (0.1#10.140)