Bertahan Hidup, Perusahaan Asia Pasifik Prioritaskan Modernisasi Teknologi

Rabu, 15 Juli 2020 - 21:14 WIB
loading...
Bertahan Hidup, Perusahaan Asia Pasifik Prioritaskan Modernisasi Teknologi
Harvard Business Review Analytic Services, mewakili Red Hat, mengeksplorasi perjalanan transformasi dan inovasi di Asia Pasifik (APAC), dengan latar belakang global. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perusahaan di Asia Pasifik telah menerapkan transformasi digital sebagai strategi, tidak hanya untuk menunjang pertumbuhan tapi juga mempertahankan kelangsungan hidup bisnisnya. Ini merupakan temuan studi "Understanding APAC’s Success in Digital Transformation" yang mensurvei 143 eksekutif bisnis dari berbagai industri, termasuk jasa keuangan, TI, dan sektor manufaktur di kawasan.

Studi tersebut diungkap Red Hat, Inc., penyedia solusi open source dunia. Penelitian ini sendiri dilakikan oleh Harvard Business Review Analytic Services, mewakili Red Hat, yang mengeksplorasi perjalanan transformasi dan inovasi di Asia Pasifik (APAC), dengan latar belakang global.

Dalam studi disebutkan, perbedaan Asia Pasifik dalam hal efektivitas transformasi digital diwujudkan dalam bentuk manfaat bisnis penting bagi perusahaan di kawasan itu. Termasuk membantu perusahaan menghadirkan produk dan layanan baru ke pasar lebih cepat dari perusahaan serupa di tingkat global.

Temuan penting laporan tersebut meliputi, 95% eksekutif di APAC mengatakan transformasi digital semakin penting selama 18 bulan terakhir. Lalu 80% pemimpin bisnis menyatakan perubahan budaya dan modernisasi teknologi sebagai dua hal yang sama pentingnya di dalam transformasi digital.

Sebanyak 40% eksekutif mengatakan, mereka mengembangkan dan menghadirkan aplikasi-aplikasi baru di pasar lebih cepat dibandingkan 23% eksekutif di bagian dunia lain.

Laporan juga mengungkap, bahwa eksekutif di APAC menilai perubahan budaya menjadi hal terpenting dari tiga soko guru modernisasi, bersama dengan teknologi dan proses bisnis. Sehingga kalau diabaikan akan menjadi hambatan yang signifikan terhadap keberhasilan transformasi.

Responden survei menyatakan, budaya perusahaan sekarang termasuk faktor-faktor seperti kolaborasi (44%), inklusivitas (42%), kemampuan beradaptasi (41%), dan transparansi (40%).

Studi ini juga membeberkan perusahaan-perusahaan yang ingin berhasil melakukan transformasi digital perlu mendukung inisiatif perubahan budaya mereka. Di samping berupaya memodernisasi infrastruktur dan arsitektur aplikasi mereka.

Dengan menggabungkan dua inisiatif tersebut, perusahaan-perusahaan di APAC dapat mengadopsi metode integrasi/penyediaan berkelanjutan, yang dianggap vital oleh 75% responden. Perusahaan juga dengan cepat mengembangkan dan menghadirkan aplikasi baru (40%).

Mereka juga sanggup merespons permintaan pelanggan dengan cepat (39%), meng-update sistem dengan efisien (39%), dan mengontrol biaya pemeliharaan atau maintenance (39%).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)