Duel Maut Apple dan Apple China

Kamis, 06 Agustus 2015 - 09:14 WIB
Duel Maut Apple dan Apple China
Duel Maut Apple dan Apple China
A A A
SAN FRANCISCO - Kehadiran Xiaomi menjadi fenomena tersendiri, diklaim sebagai ponsel Apple China, perangkat hasil buatan perusahaan China itu semakin memperkuat posisinya dan menggeser beberapa produsen besar yang sudah lama eksis.

Dilansir dari Forbes, Kamis (6/8/2015), perusahaan berlogo sapi itu kerap membuat ponsel 'kloningan' Apple iPhone. Seperti Mi4 yang memiliki kesamaan dengang iPhone 6.

Meskipun begitu ada kelebihan dan kekurangan di antara kedua produk tersebut. Xiaomi Mi4 yang dirilis pada Agustus 2014 dan Apple iPhone 6 dirilis pada September 2014.

Desain, Duplikasi, dan Diferensiasi

Pada pandangan pertama Xiaomi Mi4 memiliki kesamaan desain iPhone 5 dan iPhone 5S. Dengan band metal di sekitar tepi pada 90 derajat ke layar kaca. Tombol logam tipis untuk power dan volume, yang sekilas dapat membuat Anda mengira tengah menggenggam handset iPhone.

Jika diperhatikan dari bagian belakang Mi4, memiliki bevel cembung, yang mengangkat tepi handset lebih naik dan memberikan sentuhan volume lebih internal. Kamera dan LED flash di poros tengah, tidak seperti milik iPhone, dan plastik bagian belakang yang licin tidak sesuai dengan kualitas taktil dari iPhone 6.

Boleh dikatakan, luas permukaan Mi4 yang lebih besar dan kurva pada pelat belakang, menjadikan Xiaomi lebih nyaman digenggam daripada iPhone 6.

iPhone 6 vs Mi4

Mi4 juga tidak mengusung model tipis dan modis, terlihat dari ketebalannya mencapai 8,9 mm, sedangkan iPhone adalah 6 6,9mm), dan dari sisi bobot pun 20 gram lebih berat dari iPhone 6.

Pada tombol home iPhone terlihat lebih mudah ditemukan dibandingkan daerah sensitif milik Mi4. Tentu saja keduanya memiliki kemampuan TouchID yang berfungsi membuka kunci dan untuk keamanan.

Boleh dibilang, meskipun hampir serupa, secara desain iPhone 6 lebih modern dan lebih unik dibandingkan Mi4.

Ketajaman Layar

Layar 5 inci dan resolusi 1.080 piksel (1.080 x 1.920) layar Xiaomi Mi4 lebih besar secara fisik dan piksel dibandingkan iPhone 6 dengan 4,7 inci dan resolusi 750 x 1.334 piksel.

Kekuatan resolusi Apple adalah 326 piksel per inci, sedangkan Xiaomi pada 441 ppi. Jika dilihat secara kualitas gambar, untuk penampilan huruf yang lebih kecil dengan iOS 8 di iPhone 6, cukup membuat pengguna nyaman mendapatkan berbagai informasi yag disajikan.

iPhone 6 vs Mi4

Tapi dengan kepadatan yang dimiliki Mi4, ditambah dengan sajian MIUI dengan menampilkan berbagai warna lembut dan secara gradasi warna pun terlihat jelas, sehingga bagus digunakan di setiap kondisi.

Kedua layar menggunakan basis layar IPAS LCD dengan backlighting LED, membuat nyaman digunakan dan menawarkan sudut pandang lebar serta kemampuan mengubah nada warna pada layar. Tapi dari ukuran layar yang lebih kecil dan resolusi lebih rendah di iPhone 6, tidak salah untuk maslaah ini Mi4 lebih diunggulkan.

Kinerja, Power, dan Positivity

Jika Anda merupakan pengguna yang perhatian dengan besaran angka di bagian spesifikasi, maka pemenang dalam hal kinerja dipegang Xiaomi Mi4. Dengan 2,5 GHz quad-core CPU, Adreno 330, dan 3 GB RAM, Mi4 merupakan ponsel Android dengan spesifikasi tinggi. Sekarang Mi4 maish berada di puncak sebagai tolok ukur dari handset tersedia di website patokan AnTuTu saat ini.

iPhone 6 vs Mi4

Jumlahnya masih lebih tinggi dari 6 iPhone, dengan 1 GB RAM dan 1,4 GHz dual-core CPU dengan chip sistem A8. Tetapi angka tidak selalu bisa menjadi pegangan dalam hal kinerja. Kedua handset cepat dan halus dalam pengoperasian.

Duel Kamera Sony Vs Sony

Xiaomi Mi4 menggunakan kamera berteknologi Sony. Boleh dibilang, perusahaan menggunakan teknologi yang serupa dengan milik iPhone 6 dan Sony Xperia Z3 Compact.

Meskipun sama-sama menggunakan teknologi Sony, untuk kali ini Apple lebih unggul. Perusahaan berlogo aple itu memiliki teknologi tambahakan ke kamera, termasuk penggunakaan fokus piksel untuk mempercepat waktu dalam pengambilan gambar.

iPhone 6 vs Mi4

Berbagai teknologi diterapkan di iPhone 6. Mulai dari mode untuk pengambilan gambar secara cepat dan mode lambat untuk pengambilan video capture.

Sementara Apple mempertahankan kealamian dari gambar yang diambil, Xiaomi justru mendorong reproduksi warna sehingga lebih hidup.

Daya Tahan Baterai

Baterai iPhone 6 masih menggunakan 1.810 mAh, sehingga agak sulit jika digunakan maksimal sehari penuh. Ini adalah kelemahan dari desain tipis, untuk mengimbangi chip dan layar.

Sedangkan Xiaomi memiliki baterai 3.080 mAh, prosesor lebih cepat (dua kali lebih tinggi dari core), memori tambahan, dan layar yang lebih besar, semua itu tetap memerlukan lebih banyak kekuatan. Tapi Mi4 mampu bertahan sehari penuh.

iPhone 6 vs Mi4

Tapi dengan baterai yang lebih besar dari Mi4, sehingga untuk pengisian hingga penuh atau 100%, membutuhkan waktu yang lebih lama. Dan karena baterai Apple lebih kecil, untuk masalah kecepatan pengisian iPhone 6 masih lebih cepat, meskipun daya tahannya tidak selama Mi4.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8988 seconds (0.1#10.140)