Asal Usul Nama dan Sejarah Kota Batu, Daerah Peristirahatan Mpu Sindok

Sabtu, 25 Februari 2023 - 19:15 WIB
loading...
Asal Usul Nama dan Sejarah Kota Batu, Daerah Peristirahatan Mpu Sindok
Kota Batu dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan karena merupakan daerah pegunungan yang memiliki udara sejuk. Foto/iNews TV/Deni Irwansyah
A A A
KOTA Batu merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Timur. Luas wilayahnya mencapai 99,09 km persegi, yang terdiri dari 3 kecamatan yaitu, Batu, Bumiaji dan Junrejo.

Wilayah Kota Batu bagian barat dan timur berbatasan dengan Kabupaten Malang. Sementara di bagian utara berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan.


Ada 3 gunung di Kota Batu yang dikenal oleh masyarakat, diantaranya adalah Gunung Panderman, Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.

Kota ini berada di ketinggian 700 hingga 1.700 meter dari permukaan laut (Mdpl). Sehingga mengakibatkan suhu udaranya terkenal dingin.

Memiliki wilayah pegunungan nan sejuk membuat kota ini menyimpan banyak sejarah. Di antaranya adalah mengenai asal usul nama sejarah dan pembentukan wilayah administrasinya.

Sejarah Kota Batu

Dikutip dari laman resmi pemerintahannya batukota.go.id, Kota Batu dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan. Hal ini dikarenakan wilayah kota ini adalah daerah pegunungan yang memiliki udara yang sejuk.



Pada masa pemerintahan Raja Sindok, seorang petinggi Kerajaan bernama Mpu Supo telah diperintah Raja Sendok untuk membangun tempat peristirahatan keluarga kerajaan di pegunungan yang berada didekat mata air.

Setelah berusaha keras, Mpu Supo akhirnya menemukan suatu kawasan yang sekarang lebih dikenal sebagai kawasan Wisata Songgoriti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)