Google Tingkatkan Performa Chrome di MacOS

Jum'at, 17 Juli 2020 - 11:11 WIB
loading...
Google Tingkatkan Performa  Chrome di MacOS
Ilustrasi Google. FOTO/ Ist
A A A
CUPERTINO - Google akan memberikan serangkaian pembaruan untuk peramban Chrome di MacOS demi daya tahan baterai dan peningkatan perfoma yang lebih baik.

Director of engineering Chrome, Max Christoff, menyebut Google bakal memperbaiki reputasi lama Chrome di MacOS yang sering dianggap membuat baterai boros. Menurutnya pembaruan tersebut punya tiga peningkatan besar yang akan hadir dalam beberapa bulan ke depan.

“Saya melihat kinerja di Chrome sebagai perjalanan, bukan tujuan. Ini adalah investasi berkelanjutan dalam peningkatan kecepatan, kinerja, dan masa pakai baterai," tutur Christoff dikutip dari laman Digital Trends, Jumat (17/7/2020). BACA JUGA - Konsultan WHO asal China Bersaksi COVID-19 Hasil Persekongkolan Jahat

Dalam beberapa bulan mendatang, menurutnya, Chrome akan mulai secara aktif menindak tampilan iklan yang menyedot banyak sumber daya perangkat. (Lihat grafis: Menanti Kurikulum Darurat di Masa Pandemi Covid-19)

Iklan yang melanggar batasan penggunaan sumber daya akan otomatis diblokir dan diganti dengan tampilan yang berbunyi 'Ad removed'.

Selain itu Chrome bakal memperbaiki cara mereka mengurus tab yang aktif dan halaman yang sudah lama tak dikunjungi.

Jadi, di masa yang akan datang Chrome bisa memahami tab mana yang perlu dipertahankan atau dihilangkan untuk menghemat konsumsi daya. Hal ini, kata Christoff, punya dampak besar terhadap baterai dan performa.

Terakhir, Google juga mengerjakan optimisasi baru yang misterius yang memungkinkan bagian paling kritis dari kinerja perangkat lunak berjalan lebih cepat. (Baca juga: Menristek Resmikan Operasional Alat Uji COVID-19, Cobas 6800 Systems)

Saat ini Chrome memang mendominasi pangsa pasar browser, dengan capaian hampir 75%. Namun perlu dicatat, para kompetitornya juga terus berkembang dan memperbaiki performanya.

Dengan keunggulan di sektor privasi dan efisiensi misalnya, browser seperti Firefox dan Safari menjadi pesaing Chrome.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2595 seconds (0.1#10.140)