alexametrics

Axioo PicoPhone M4P: Kuda Hitam di Segmen Low End

loading...
Axioo PicoPhone M4P: Kuda Hitam di Segmen Low End
PicoPhone M4P menjadi smartphone low-end siap bersaing di kelas menengah. Foto: Danang.
A+ A-
PEMBURU smartphone low end harus mulai mengalihkan perhatian mereka pada ini: Axioo PicoPhone M4P. Walau tergolong baru, tapi ponsel ini memiliki fitur yang tidak hanya kompetitif, bahkan bisa disebut terbaik direntang harganya.

Axioo mungkin baru masuk ke pasar smartphone. Tapi, nama Axioo sendiri tidak lah asing. Merek lokal tersebut sudah sangat populer di segmen laptop dan tablet. Pada Agustus lalu, mereka menegaskan ikut bersaing di pasar smartphone. 

Walau datangnya sedikit terlambat, nyatanya Axioo sendiri datang dengan senjata tepat. Karena PicoPhone M4P termasuk paling gahar untuk ukuran smartphone entry level di rentang harga Rp1,3 jutaan.

Buktinya, sangat sulit untuk menemukan ponsel yang diatas kertas sebanding dengan PicoPhone M4P. Di rentang harga Rp1,3 jutaan itu, konsumen memang mendapatkan smartphone dengan bentang layar 5 inci.

axioo

Meski demikian, porsi RAM hanya 1 GB dengan memori internal antara 4 GB-8 GB. Fitur yang dibenamkan di PicoPhone M4P lebih cocok dibandingkan dengan ponsel yang mengusung banderol Rp1,6 juta keatas.

Hal pertama yang menarik perhatian PicoPhone M4P adalah balutan frame metalik berwarna gold. Jelas ini akan mencolok, karena rasanya tidak ada ponsel lain yang menggunakan warna serupa. Rata-rata bermain aman di warna putih ataupun hitam.
 
Desain dan build quality-nya sendiri cukup baik dan rapi, tidak asal asalan. Bodinya yang melengkung menambah kesan elegan, juga memudahkan digenggam walau memang cukup tebal. Yakni 8,7 mm dan berat 156 gram. Tombol power di kiri dan volume dikanan juga terasa empuk.

PicoPhone M4P menggunakan LCD IPS berukuran 5 inci yang sudah beresolusi HD (1280x720 piksel). Kualitas layarnya terbilang tajam dan sangat baik untuk menonton video, bermain game, ataupun berselancar di dunia maya. Warnanya keluar, ikon-ikonnya tajam dan jelas. Ingat, layar HD tidak hanya lebih nyaman dimata, tapi juga lebih enak dilihat.

Nah, dapur pacu Picophone M4P menggunakan prosesor Spreadtrum SC7731 Quad Core Cortex TM-A7 berkekuatan 1.3 GHz yang didampingi dengan GPU Mali-400MP4. Cukup gegas untuk memainkan game Angry Birds ataupun Subway Surf yang sudah terinstal.

Menariknya lagi, smartphone ini juga dibekali RAM sebesar 2 GB yang tidak hanya membuatnya lebih cepat menjalankan aplikasi berat, tapi juga gegas dalam multitasking. RAM yang besar penting untuk multitasking (berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lain tanpa menutupnya).

Ketika menjalankan sebuah atau lebih dari satu aplikasi, sebagian data dari aplikasi tersebut akan diproses dan "disimpan sementara" di RAM. Nah, semakin besar RAM, semakin banyak data yang ditampung. Sehingga tidak membuat ponsel yang mengadopsi Android 5.1 Lollipop mudah crash.
 
Di sektor fotografi, PicoPhone M4P dipersenjatai oleh kamera utama sebesar 8 MP serta kamera depan 5 MP. Hasil jepretannya so-so lah. Fitur fokus otomatisnya berjalan lancar, kendati tidak cepat.

Tapi, jika Anda termasuk haus konsumsi konten, maka sekali lagi PicoPhone M4P jadi pilihan tepat. Sebab, ponsel tersebut tidak hanya dibekali memori internal 16 GB, tapi dalam pembelian sudah mendapatkan bonus tambahan microSD 16 GB. Jadi, total memori yang dimiliki adalah 32 GB!

Yang harus dicermati, PicoPhone M4P belum mendukung jaringan 4G LTE. Kapasitas baterainya sendiri cukup standar, yakni 2.000 mAh. Terlepas dari itu, jelas meskipun pendatang baru, PicoPhone M4P layak disebut sebagai kuda hitam di pasar smartphone low end!
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak