Keren, 12 Mahasiswa UI Ciptakan Kapal Hemat Energi

Sabtu, 18 Juli 2020 - 10:09 WIB
loading...
Keren, 12 Mahasiswa UI Ciptakan Kapal Hemat Energi
Kampus UI. Foto/Koran sindo
A A A
JAKARTA - Perkembangan teknologi yang semakin maju tidak hanya menuntut kemampuan dan fungsinya. Sebuah teknologi juga harus hemat energi dan ramah lingkungan agar tidak menambah daftar permasalahan terkait pemanasan global.

Kali ini, dua belas mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) telah mengembangkan kapal hemat energi dan ramah lingkungan. Mereka tergabung dalam tim berjuluk Hydros UI.

Ketua Tim Hydros UI, Muhamad Zuhdi Ali, menuturkan bahwa timnya terbentuk sejak tahun 2016. Sejak tahun itu pula riset untuk menciptakan kapal hemat energi telah dilakukan.

“Selain itu, tiap tahunnya kami selalu mengevaluasi kekurangan kapal kami sehingga alhamdulillah sejauh ini selalu mengalami peningkatan,” katanya. (Baca: Pengumuman! Izin Umroh Mulai Agustus Dipindah ke BKPM)

Tim Hydros UI mendesain sebuah Kapal Katamaran (kapal dengan dua lambung) dengan panjang keseluruhan 5 meter. Desain kapal juga dilengkapi dengan kokpit, sistem baling-baling kapal (sistem propulsi elektrik) dengan bantuan 500 wp panel surya sebagai daya tambahan.

Dengan berat benaman 230 kg, kapal menggunakan baterai 5kWh sebagai sumber energi yang ramah lingkungan. Tim Hydros UI juga menambahkan solar panel seluas 2.5 meter persegi yang dapat menyimpan daya yang lebih besar dan dapat melaju dua kali lipat lebih cepat.

Keren, 12 Mahasiswa UI Ciptakan Kapal Hemat Energi


“Selain itu inovasi yang dilakukan tahun ini adalah dengan menggunakan material full carbon fiber pada cockpit kapal,” tambahnya.

Sejak 2016 hingga saat ini, kapal buatan Tim Hydros UI terus mengalami perubahan dan perbaikan agar lebih sempurna. Desain dan inovasi terbaru yang dihadirkan adalah pembaruan pada desain hull kapal dan penggunaan material full carbon fiber pada kokpit kapal. (Baca juga: Akun Twitter Sejumlah Tokoh Dunia Diretas)

Selain itu, material dan mekanisme rudder dan propeller digunakan untuk meningkatkan efisiensi propulsi kapal. Termasuk perubahan material mounting mesin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)