Marhaban Ya Ramadan, Ini Rahasia dan Keutamaan Puasa

Kamis, 23 Maret 2023 - 04:05 WIB
loading...
Marhaban Ya Ramadan, Ini Rahasia dan Keutamaan Puasa
Puasa Ramadan tidak hanya sekadar menahan lapar dan dahaga, tetapi ada rahasia dan keutamaan besar di dalamnya. Foto/dok muslimaid
A A A
Marhaban Ya Ramadan, selamat datang bulan mulia bertabur pahala dan keberkahan. Ramadan begitu istimewa karena banyak rahasia dan keutamaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya.

Allah mewajibkan umat muslim berpuasa di bulan Ramadan karena di dalamnya terdapat banyak kebaikan. Perintah puasa ini langsung disampaikan melalui firman-Nya dalam Al-Qur'an:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَا مُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS Al-Baqarah ayat 183)

Keutamaan Puasa Ramadan
Puasa Ramadan tidak hanya sekadar menunaikan kewajiban bagi umat muslim, namun ada keutamaan besar yang Allah hadiahkan untuk hamba-Nya yang taat dan beriman.

Salah satunya diberi ganjaran luar biasa yaitu digugurkannya dosa-dosa yang lalu, sebagaimana pesan Nabi Muhammad SAW berikut:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Keutamaan puasa Ramadan berikutnya digambarkan dalam riwayat lain. Rasulullah SAW bersabda:

الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَجْهَلْ وَإِنْ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي صَائِمٌ مَرَّتَيْنِ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ يَتْرُكُ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَشَهْوَتَهُ مِنْ أَجْلِي الصِّيَامُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

Artinya: "Puasa itu benteng, maka (orang yang melaksanakannya) janganlah berbuat kotor (rafats) dan jangan pula berbuat bodoh. Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah aku sedang puasa (ia mengulang ucapannya dua kali). Dan demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang sedang puasa lebih harum di sisi Allah Ta'ala daripada harumnya minyak misik, karena dia meninggalkan makanannya, minuman dan nafsu syahwatnya karena Aku. Puasa itu untuk Aku dan Aku sendiri yang akan membalasnya dan setiap satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa." (HR Al-Bukhari 1761)

Rahasia Bulan Ramadan
Rahasia keistimewaan bulan Ramadan tentu tidak sama dengan bulan-bulan lainnya. Bulan ini menyimpan banyak keberkahan dan fadhilah luar biasa.

Diriwayatkan dari Salman Al-Farisi radhiyallahu 'anhu, Rasullullah ﷺ pernah menyampaikan keutamaan Ramadan dalam khutbah beliau di hari-hari terakhir bulan Sya'ban. Beliau bersabda:

يا أيها الناس قد أظلكم شهر عظيم ، شهر مبارك ، شهر فيه ليلة خير من ألف شهر ، جعل الله صيامه فريضة ، وقيام ليله تطوعا ، من تقرب فيه بخصلة من الخير كان كمن أدى فريضة فيما سواه ، ومن أدى فريضة فيه كان كمن أدى سبعين فريضة فيما سواه ، وهو شهر الصبر ، والصبر ثوابه الجنة ، وشهر المواساة ، وشهر يزاد في رزق المؤمن ، من فطر فيه صائما كان له مغفرة لذنوبه ، وعتق رقبته من النار ، وكان له مثل أجره من غير أن ينقص من أجره شيء

Artinya: "Wahai manusia sungguh kalian dinaungi oleh suatu bulan yang agung, bulan penuh berkah, bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang Allah telah menjadikan puasa-Nya suatu kewajiban dan Qiyam (sholat) pada malam harinya suatu ibadah sunnah. Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan (sunnah) di dalamnya, (ia diganjar pahala) sama seperti menunaikan kewajiban (fardhu) di bulan yang lain. Dan barang siapa yang menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan, (ia diganjar pahala) sama dengan orang yang mengerjakan 70 kali kewajiban tersebut di bulan yang lain."

"Ramadhan adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga. Ramadhan itu adalah bulan menolong sesama dan bulan dimana Allah menambah rezeki para mukmin di dalamnya. Siapa saja yang pada bulan itu memberikan makanan berbuka kepada orang yang puasa, maka perbuatan itu menjadi pengampunan atas dosa-dosanya, pembebasan dirinya dari api neraka, dan ia mendapatkan pahala seperti pahala orang berpuasa yang diberinya makanan berbuka itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut." (HR Al-Baihaqi dalam Syu'abul Iman)

Demikian rahasia bulan Ramadan dan keutamaan berpuasa. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya untuk umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)