Google dan Apple Hapus Palestina di Peta, Ada Aksi Boikot di Indonesia?

Sabtu, 18 Juli 2020 - 22:02 WIB
loading...
Google dan Apple Hapus Palestina di Peta, Ada Aksi Boikot di Indonesia?
Hilangnya negara Palestina di Google Maps dan Apple Maps diyakini tidak akan diikuti dengan aksi boikot aplikasi di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Belakangan dunia maya dihebohkan dengan kabar dihapusnya negara Palestina dari Google Maps dan Apple Maps. Namun apakah warga Indonesia kemudian akan melakukan aksi protes dengan tidak menggunakan kedua layanan peta digital tersebut? (Baca juga: Stigma Buruk Soal Utang, Sri Mulyani Resah Jadi Sasaran Kritik Kasar Warganet )

Pengamat media sosial, Ismail Fahmi, mengatakan, hal itu tidak ada pengaruhnya dengan pengguna di Indonesia. Kedua layanan asal Amerika Serikat itu tetap akan dipakai pengguna di Tanah Air.

"Saya kira ndak ngaruh. Tetap Google Maps akan dipakai," kata Ismail kepada SINDOnews melalui pesan singkatnya, Sabtu (18/7/2020).

Senada dengan Ismail, pegiat media sosial, Enda Nasution, menuturkan, warga Indonesia tidak mungkin akan setop atau boikot keduanya. "Rasanya sih nggak ya akan jadi stop atau boikot," imbuhnya.

Jika ingin menggunakan opsi peta digital lain, sebenarnya masih banyak aplikasi yang bisa digunakan. Sebut saja HERE WeGo, salah satu dari beberapa pesaing yang serius akan melawan popularitas Google Maps. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dengan opsi pemetaan di seluruh dunia.

Ada juga Maps.me, aplikasi GPS ini bisa dijalankan secara offline. Peta yang dihadirkan sudah mencakup seluruh jalan di dunia, sehingga tidak perlu khawatir saat berkunjung ke negara lain.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5000 seconds (0.1#10.140)