Ini Cara Terbaik untuk Menikmati Komet Neowise di Indonesia

Minggu, 19 Juli 2020 - 15:20 WIB
loading...
Ini Cara Terbaik untuk Menikmati Komet Neowise di Indonesia
LAPAN akan mulai mengamati Komet Neowise tanggal 21 Juli. Pada hari tersebut, bertepatan dengan pengamatan hilal bulan Dzulhijjah dan akan terus mengamati hingga mendapatkan hasil terbaik. Foto/Britannica.com
A A A
JAKARTA - Penampakkan Komet Neowise yang melintasi Bumi dalam waktu 6.800 tahun sekali juga bisa dinikmati oleh para penikmat astronomi di Indonesia. Di sini, komet baru dapat dilihat dengan mata telanjang mulai 19-25 Juli 2020 setelah matahari terbenam. (Baca juga: Muncul 6.800 Tahun Sekali, Komet Neowise Mau Melintasi Indonesia )

Secara kasat mata memang bisa dilihat dengan mata telanjang, tapi Komet Neowise akan semakin sulit dilihat di daerah yang memiliki polusi cahaya tinggi.

Mengutip laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) , momen tepat untuk mengobservasi Komet Neowise adalah pada 23 Juli 2020.

LAPAN sendiri akan mulai mengamati Komet Neowise tanggal 21 Juli. Pada hari tersebut, bertepatan dengan pengamatan hilal bulan Dzulhijjah dan akan terus mengamati hingga mendapatkan hasil terbaik.

Jika ingin mendapatkan hasil optimal saat mengamati komet Neowise, LAPAN menyarankan pecinta astronomi untuk memilih lokasi pengamatan arah Barat Laut yang bebas obstruksi, bebas dari polusi cahaya, dan memerhatikan jendela pengamatan. Tentunya menggunakan instrumen pengamatan dengan medan pandang luas.

Jika mengamati saat lintasan objek sangat redup, gunakan instrumen berfitur go-to dan tracking/guiding yang bagus. Lalu gunakan kecepatan rana (shutter speed) yang tidak terlalu panjang.

Ketika Komet Neowise redup, ambil citra yang sama berulang kali dan ambil citra kalibrasi (bias, dark, flat). Kemudian ditumpuk (stack) dan tidak lupa gunakanlah penyangga kaki tiga (tripod).
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)