Firefox Versi iOS Telah Hadir

Jum'at, 13 November 2015 - 07:16 WIB
Firefox Versi iOS Telah Hadir
Firefox Versi iOS Telah Hadir
A A A
MOUNTAIN VIEW - Firefox terbaru telah menghadirkan versi iOS di Apple Store. Mobile browser ini siap digunakan bagi pemilik iPhone, iPad dan iPod Touch.

Dilansir dari Cnet, Jumat (13/11/2015), Apple memang telah memiliki Safari untuk browser yang sudah terintegrasi dalam software milik Apple. Begitu juga dengan Google Chrome yang sudah lama tersedia bagi pemilik perangkat dengan platform iOS.

Tidak hanya itu, pemilik merek juga bisa menikmati kemampuan browser dengan Opera, meskipun tidak sepopuler pesaingnya. Masuknya Firefox sebetulnya boleh dianggap agak terlambat.

Pasalnya, browser satu ini harus menghadaou persaingan berat dengan Safari dan Chrome. Sebetulnya, pasar mobile merupakan prioritas bagi pembuat browser, karena kini semakin banyak pengguna melakukan browsing Web melalui smartphone dan tablet daripada komputer desktop dan laptop.

Tampaknya, Firefox mencoba memikat pengguna dengan berbagai fitur. Browser melacak semua halaman yang terbuka menggunakan thumbnail visual, sehingga pengguna dapat melihat dan melompat ke halaman baru-baru.

Pengguna dapat membuka banyak tab yang diinginkan tanpa kehilangan halaman yang telah terbuka. Setiap tab yang terbuka diberi nomor, sehingga Anda dapat menambah dan menemukan konten untuk masing-masing Web.

Pengguna masih dapat memilih penyedia pencarian default, termasuk Google, Yahoo dan Bing serta Amazon, Twitter, Wikipedia dan DuckDuckGo. Firefox juga memungkinkan Anda dengan mudah beralih dari satu ke yang lain.

Mozilla awalnya menolak pindah ke iOS, dengan alasan sistem operasi mobile Apple terlalu tertutup untuk browser pihak ketiga. Tape perusahaan berubah pikiran akhir tahun lalu setelah Apple meluncurkan iOS 8 dengan lingkungan ramah untuk browser non-Apple.

Firefox menggunakan teknologi browser yang sama dengan milik Safari. Paket perangkat lunak yang disebut WebKit, tidak sendiri bersaing paket Gecko Mozilla. Sama seperti Google telah dilakukan dengan Chrome di iOS, Mozilla telah menempatkan pembungkus Firefox sekitar teknologi browsing Apple.

"Pangsa pasar ponsel iOS terus berkembang, dan kami selalu mencari cara baru untuk membawa orang ke dalam ekosistem Firefox. Berada di iOS dan memberikan pengalaman orang menggunakan Firefox membantu kita mencapai tujuan tersebut," kata juru bicara Mozilla.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7626 seconds (0.1#10.140)