Jika Bentuk Dinosaurus Berdasarkan Fosil, Lalu Gimana dengan Suara?

Minggu, 19 Juli 2020 - 21:12 WIB
loading...
Jika Bentuk Dinosaurus Berdasarkan Fosil, Lalu Gimana dengan Suara?
Ilustrasi bentuk dinosaurus. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Jika bentuk dinosaurus terungkap berdasarkan kerangka atau fosil yang ditemukan. Lalu bagaimana suara dinosaurus arkeolog bisa mengetahui suara dinosaurus bisa kita ketahui seperti yang ada di film Jurasic Park. BACA JUGA - Ikuti sang Kakak, Marquez Ketangkap Basah Naik NMax

Beberapa pihak berspekulasi bahwa mereka membuat suara serupa dengan burung. Namun pada tahun 1992 ditemukan fosil organ vokal yang berasal dari nenek moyang angsa modern dan bebek, dan berusia lebih dari 66 juta tahun. Organ vokal diketahui sebagai syrinx, dan pada kasus ini, kembali ke era Mesozoic. BACA JUGA- Petisi Perjuangan Kembalikan Palestina ke Maps 'Pecah'

Organ ini belum ditemukan pada dinosaurus non-burung dari periode waktu yang sama, yang mengarahkan ilmuwan percaya, dinosaurus mungkin tidak membuat panggilan dan pekikan yang didengar dari burung modern. Pada kenyataanya, para peneliti sekarang percaya organ ini mungkin telah berevolusi di akhir zaman burung ini.

Fosil itu sendiri ditemukan pada 1992 oleh tim peneliti Antartika. Beberapa tahun kemudian pada 2013, ahli paleontologi Julia Clarke Universitas Texas di Austin Jackson School of Geosciences menemukan, fosil berisi syrinx, organ kecil yang terdiri dari cincin tulang rawan yang memungkinkan membuat panggilan burung dalam hal ini.

Dinosaurus lain dari periode waktu tertentu belum ditemukan dengan organ ini, sehingga tidak akan membantu menjelaskan binatang ini non-unggas. Namun, penemuan organ membantu peneliti mempelajari jenis suara dinosaurus burung purba yang dihasilkan, dan bahkan bisa membantu menentukan aspek evolusi dan struktur anatomi mereka.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)