alexametrics

Ford Bronco dan Suzuki Jimny, Dua Mobil Tangguh yang Sedot Perhatian Dunia

loading...
Ford Bronco dan Suzuki Jimny, Dua Mobil Tangguh yang Sedot Perhatian Dunia
Secara interior, Bronco maupun Jimny sama-sama sudah mendapatkan teknologi mumpuni terbaru. Foto/ist
JAKARTA - Awal pekan kemarin, Senin (13/7/2020), Ford Bronco 2021 resmi meluncur di Amerika Serikat (AS). Kendaraan SUV ini bangkit setelah mati suri sejak 1996. (Baca juga: Baru Sepekan Ford Bronco Lahir, Pabrikan China Sudah Siapkan Jiplakannya)

Kehadiran Bronco digadang-gadang sebagai penantang Jimny milik Suzuki. Tak heran, ini dikarenakan kedua mobil tersebut sama-sama memiliki kemampuan off-road dan berbentuk tangguh.



Bronco hadir dengan gaya retro dan mempertahakan ciri khas lampu bulatnya. Isi interior Bronco terlihat sederhana, tetapi sudah dibekali teknologi terbaru. Sama halnya dengan Jimny anyar yang diluncurkan tahun lalu.
Ford Bronco dan Suzuki Jimny, Dua Mobil Tangguh yang Sedot Perhatian Dunia

Suzuki Jimny dibekali head unit berukuran 6,8 inci. Lalu telah tersedia fitur USB, Bluetooth dan juga smartphone connection. AC di dalam mobil juga sudah dapat diatur menggunakan Auto Climate dengan heater.

Sementara Bronco, dipasangkan layar sentuh 12 inci dan tersedia pilihan kinerja off-road. Lalu ada fitur Apple CarPlay, Android Auto, dan hotspot WiFi berbasis langganan.



Walaupun sama-sama model 4x4, sepertinya Bronco lebih unggul dibandingkan Jimny. Bisa jadi ini keuntungan yang diambil Ford karena meluncurkan produk belakangan.

Bronco dijejali mesin in-line 2.3L empat silinder atau V6 berkinerja turbo. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 270 hp dan torsi 310 lb-ft. Lalu ada pilihan lain, yakni mesin 2.7L V6 twin turbo, yang mampu menghasilkan 310 hp dan torsi 400 lb-ft.
Ford Bronco dan Suzuki Jimny, Dua Mobil Tangguh yang Sedot Perhatian Dunia

Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 10 percepatan, dan transmisi manual 7 percepatan. Semua tenaga dari mesin disalurkan kepada keempat rodanya atau AWD.

Sementara Jimny dipasangkan mesin berkapasitas 1.462 cc empat silinder, yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 102 hp dengan torsi maksimal 130 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang dengan dua pilihan transmisi. Transmisi manual dibekali dengan 5 percepatan, sedangkan otomatis memakai 4 percepatan. (Baca juga: Didorong Efektivitas Fiskal, Ekonomi RI 2020 Diprediksi Tumbuh 0,1%)

Masalah harga, Bronco versi termurah dibanderol sekitar Rp433 juta untuk konsumen di Amerika Serikat. Sementara Jimny ketika masuk ke Indonesia dijual mulai Rp315 jutaan.
(iqb)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak