alexametrics

Infinix Hot 2 Android One Generasi Kedua

loading...
Infinix Hot 2 Android One Generasi Kedua
Infinix Hot 2 Android One. Foto: Istimewa.
A+ A-
Masih ingat dengan ponsel yang di inisiasi Google yaitu android One. Setelah ramai masuk pasar Indonesia dengan berbagai merek, kini belum lama android one generasi kedua hadir dengan merek Infinix.

Saat membicarakan ponsel android one, jangan berharap ponsel dengan spesifikasi tinggi. Karena sesuai tujuan Google saat merancang android one, ponsel ini tidak dirancang untuk bersaing dengan ponsel flagship merek terkemuka. Sasaran konsumennya sangat berbeda.

Pastinya android one diharapkan tampil sebagai smartphone pertama masyarakat di negara-negara berkembang. Saat mereka ingin beralih dari feature phone ke smartphone, dengan anggaran kantong yang minim.



Android one generasi kedua muncul di Indonesia diperkenalkan oleh merek Infinix dengan varian Hot 2. Ini merupakan smartphone android one generasi kedua pertama yang muncul di Indonesia.

Pastinya untuk generasi kedua telah mengalami peningkatan dibanding generasi pertamanya. Mulai dari desain luarnya, meskipun minimalis namun kesan elegan masih didapat. Sayangnya meskipun generasi kedua, Infinix masih menggunakan Android Lollipop 5.1.1. sebagai sistem operasinya.

Walaupun harga jualnya dipatok relatif murah, spesifikasi dan kualitas ponsel Android One bukan apa adanya. Harga jual resminya dipatok Rp 1,299 juta. Dengan harga di kisaran itu, Anda sudah mendapatkan RAM 2 GB dan storage internalnya pun sudah bertambah menjadi 16 GB juga terdapat sebuah slot microSD di bagian belakangnya. Mempunyai layar berdimensi 5 inci dengan resolusi 720p. Baterai yang dipasang pada smartphone ini memiliki kapasitas 2200 mAh.

Sama seperti Android One sebelumnya, Infinix Hot 2 menggunakan antarmuka standar dari launcher Google Now. Meliputi widget lockscreen untuk lebih memudahkan pengguna saat ingin mengetahui pesan atau apa pun yang terjadi pada smartphone mereka. Dan Recent Apps yang telah berubah menjadi model carrousel, Notification bar dan Quick Setting pun telah diubah sehingga lebih ergonomis saat digunakan.

Untuk launchernya sendiri, hanya sedikit yang berubah dari sebelumnya. Pada application drawer, saat ini pergeseran halaman icon app tidak lagi menggeser ke kanan atau ke kiri. Google telah mengubah scrolling app drawer yaitu dari atas ke bawah.

Fungsi SmartLock saat ini sudah ditambahkan dibanding dengan sebelumnya,dimana Lollipop hanya memiliki tiga fungsi SmartLock. Pada Infinix Hot 2, fungsi tersebut pun telah bertambah menjadi empat fungsi, lebih mempermudah lagi pemakaian para penggunanya.

Infinix Hot 2 menggunakan RAM 2 GB sudah lebih dari cukup untuk sebuah smartphone dengan harga murah. Smartphone Android One ini sudah dilengkapi dengan layar standar In-Plane Switching. Dimensi 5 inci mampu meningkatkan tingkat ergonomis saat melakukan pengetikan pada soft-keyboard.

Google telah menaikkan resolusi layar pada Android One generasi kedua
menjadi 1280 x 720. Dengan tweaking dari Google sendiri, tidak ada lag yang saat bermain game seperti Combat 8. Meskipun melakukan navigasi, tidak ada masalah.

Sayangnya salah satu kamera menjadi kelemahan pada android one generasi kedua yaitu di kamera depan. Performanya kurang memuaskan untuk menghasilkan foto selfie yang bagus. Anda harus berada di lokasi dengan pencahayaan yang sangat ideal.

Itu pun hasil fotonya kalau di-zoom terlihat kurang halus. Bila aktivitas selfie dilakukan di tempat yang sedikit terlalu terang atau gelap, foto yang dihasilkan bakal cenderung mengecewakan.
Sayangnya, dalam kondisi kurang cahaya, gambar yang dihasilkan tidak tajam. Noise yang terjadi juga cukup mengganggu.

Dengan menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1, smartphone ini dapat digunakan untuk memainkan file-file musik seperti MP3, OGG, FLAC, AAC, dan WMA pada aplikasi standar Android. File-file video seperti MP4, MKV, dan MOV juga telah didukung oleh player video-nya.

Namun dalam smartphone ini tidak ditemukan equalizer. Untuk itu, pengguna harus mendownload aplikasi equalizer pihak ketiga untuk meningkatkan kualitas suaranya.

Pada bagian atas dapat ditemukan slot audio jack 3,55mm serta port microUSB. Untuk sebuah ponsel berharga jual kurang dari Rp 1,5 juta, tampilan layar Hot 2 relatif bagus. Ponsel juga tergolong gegas ketika dipakai melakukan beraktivitas. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai ponsel itu biasanya mampu bertahan sekitar 14 jam.

Kelebihan dan kekurangan:

Dengan harga kurang dari Rp1,5 juta, bagi Anda yang minim dana layak menjadi pilihan pasti untuk Infinix Hot 2. Meskipun kinerja yang diberikan oleh Infinix kurang lebih sama dengan para pendahulunya namun kapasitas baterai 2200 mAh memberikan tambahan sekitar dua jam.

Ponsel berdimensi fisik 145 x 71,86 x 8,8 milimeter dan berat 160 gram mempunyai kamera dengan resolusi yang lebih besar serta sensor yang lebih baik, membuat smartphone Android One ini dapat diandalkan untuk kamera utamanya. Namun tidak untuk kamera depannya.

Dengan harga terjangkau, tampilan minimalis namun elegan, mempunyai sistem operasi terbaru dan responsif layak menjadi pertimbangan bagi Anda. Apalagi dengan RAM 2 GB serta storage internal besar menjadi nilai plus bagi Infinix Hot2. Namun sayangnya smartphone ini tak mempunyai fitur OTG dan equalizer.


Data Teknis
SoC/CPU/GPU: Mediatek MT6580/Quad Core ARM Cortex A7 1,3 GHz/Mali 400MP
RAM / Internal Storage / MicroSD: 2 GB / 16 GB / Ada
Format Video: H.263, H.264, MPEG4, WMV
Format Audio: MP3, MP4, WMA, AAC, AAC+, WAV
Format Gambar: JPG, BMP, PNG
Layar: Capacitive 5 inci dengan resolusi 1280 x 720
Kamera Utama / Depan: 8 MP AutoFocus / 2 MP
Interface: MicroUSB
Koneksi nirkabel: Wi-Fi (802.11 a/b/g/n), Bluetooth 4
Dimensi dan Bobot: 145 x 72 x 8.8 mm / 160 gram
Daya Tahan Baterai: 675 menit (BatteryXPRT)
Produsen: Infinix
(dol)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak