OnePlus Akui Kabel USB Tipe-C Tidak Kompatibel

Jum'at, 27 November 2015 - 10:54 WIB
OnePlus Akui Kabel USB Tipe-C Tidak Kompatibel
OnePlus Akui Kabel USB Tipe-C Tidak Kompatibel
A A A
CALIFORNIA - Seorang ahli di Google, Benson Leung meninjau kabel USB Tipe-C dan adaptor yang umumnya tersedia secara online. Hal ini dilakukan untuk menginformasikan kepada masyarakat luas, jika produk tertentu sepenuhnya kompatibel dengan semua perangkat atau tidak.

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (27/11/2015), dari hasil peninjauan Leung, kabel OnePlus USB Type-C ternyata tidak kompatible dengan setiap perangkat selain smartphone OnePlus. Dan hal ini pun diamini oleh pihak perusahaan.

Pihak dari OnePlus sendiri mengakui jika kabel USB Tipe-C tidak sepenuhnya kompatibel dengan produk lain. "Kabel ini tergantung pada perangkat dan sumber daya yang digunakan mereka dan kami tidak menjamin jika kabel USB Tipe-C itu memiliki kompatibilitas penuh dengan semua produk," tutur perwakilan dari OnePlus.

OnePlus menggunakan resistor non-standar dalam kabel yang dapat merusak sumber daya eksternal dalam keadaan tertentu. Jika tidak kompatibel maka akan menimbulkan masalah seperti dengan penerapan resistor 10kΩ bukannya 56kΩ seperti dipilih standar Type-C 1.1. Meskipun masalah yang timbul hanya mempengaruhi perangkat dengan dukungan untuk pengisian cepat.

Hal ini disebabkan, karena kabel dan adaptor yang dirancang untuk kekuatan maksimum 2 amp. Resistor akan memungkinkan perangkat pengisian cepat mencoba dan menarik daya lebih dari sumber. Sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada sumber listrik seperti port atau pengisi.

OnePlus tidak mengklarifikasi bahwa kabel dan adaptor itu sepenuhnya kompatibel dengan OnePlus 2. Pengguna diharapkan tidak akan menghadapi masalah, jika mereka menggunakan kabel hanya dengan smartphonenya.

Mereka yang membeli kabel atau adaptor dari OnePlus untuk digunakan dengan perangkat lain, sekarang dapat mengklaim untuk mendapatkan pengembalian penuh dari perusahaan.

Awalnya, Leung melakukan pengujian kabel OnePlus itu dengan kabel USB Tipe-C dan adaptor yang kompatibel dengan USB 2.0 dan Tipe-C 1.0. Keduanya berfungsi baik saat digunakan untuk mengisi dan mentransfer data dari OnePlus 2.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2500 seconds (0.1#10.140)