Paling Sulit Bikin Model Lampu Depan Quester

Sabtu, 05 Desember 2015 - 00:46 WIB
Paling Sulit Bikin Model Lampu Depan Quester
Paling Sulit Bikin Model Lampu Depan Quester
A A A
Dalam kunjungan ke kantor pusat UD Trucks di Ageo, Saitama, Jepang, wartawan Koran SINDOdanSINDOnews.com, Andryanto Wisnuwidodo mendapatkan kesempatan melakukan interview dengan Direktur Desain Produk Toshio Shiratori. Berikut wawancara dengan Toshio Shiratori yang dilakukan dalam suasana yang penuh keramahtamahan dari seorang ahli desain truk:

Selamat sore Mr Toshio Shiratori. Kami berterimakasih mendapat kesempatan berbincang dengan Anda di kantor pusat UD Trucks.
Saya sangat senang bisa interview dengan media dari Indonesia. Dan ini kali pertama saya interview dengan media dari Indonesia di kantor pusat kami.

Mengapa?
Media di sini kurang tertarik membicarakan truk. Itu berbeda bila dibandingkan dengan mobil penumpang. Karena itu, saya very happy bisa berbincang dengan Anda soal truk.

Anda dikenal sebagai desainer spesialis truk. Bisa diceritakan pengalaman Anda.
Saya sudah 45 tahun lebih berkarya di industri automotif. Sebelum di sini (UD Trucks), saya 17 tahun di Mitsubishi Motors. 14 tahun di Mitsubishi Fuso. Setelah itu pindah ke sini (UD Trucks) sekitar tahun 2000.

Berarti Anda juga yang mendesain Fuso?
Ya, hahaha..

Shiratorisan, apakah Anda pernah ke Indonesia?
Saya belum pernah ke Indonesia. Dua tahun lalu saya ada agenda ke Jakarta untuk peluncuran produk, tapi saya melewatkan kesempatan itu.

Bagaimana menurut Anda mengenai Indonesia?
Indonesia merupakan pasar besar untuk ekonomi global. Indonesia negara yang masih muda tapi terus bertumbuh. Indonesia menjadi pasar utama bagi automotif Jepang tidak hanya truk tapi juga semua industri automotif.

Shiratorisan, bisa Anda jelaskan mengenai desain Quester?
Quester tercipta dari kerja tim yang mengombinasikan semua ide mengenai heavy-duty truck. Keistimewaan Quester dilihat dari desain grill depan dengan bentuk heksagonal.

Kenapa Heksagonal?
Ini terkait sejarah lahirnya truk cab-over pertama yaitu TC80G pada 1960an. Desain Heksagonal ini merupakan warisan Jepang. Keenam sudut desain Heksagonal itu memiliki makna Tough, Smart, Harmonized, Supportive, Caring, Distinctive. Itu menjadi ciri khas setiap produk kendaraan UD Trucks.

Berapa anggota tim desainer yang Anda pimpin?
He..he..he..Maaf, untuk soal ini saya tidak bisa menyebutkan. Yang jelas, tim ini merupakan gabungan para ahli.

Dalam menciptakan sebuah desain, dari mana Anda mendapatkan inspirasi?
Inspirasi bisa datang dari mana saja di sekeliling saya. Setiap saya berangkat kerja saya mendapatkan inspirasi untuk menciptakan sebuah desain dari apa yang saya lihat di sekitar saya.
Paling Sulit Bikin Model Lampu Depan Quester


Bagian apa yang tersulit saat Anda membuat desain Quester?
Model lampu depan yang paling sulit. (Shiratori lantas menjelaskannya dengan membuat sketsa di papan tulis mengenai rumitnya mendesain lampu depan). Butuh waktu lama hingga menghasilkan desain lampu depan Quester yang dinamis.

Apa harapan Anda mengenai Quester?
Quester menggunakan bahasa desain yang lebih berani daripada sebelumnya untuk menarik pasar global.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6295 seconds (0.1#10.140)