Baidu Raksasa Internet China Kembangkan Mobil Otonom untuk Taksi

Rabu, 16 Desember 2015 - 09:29 WIB
Baidu Raksasa Internet China Kembangkan Mobil Otonom untuk Taksi
Baidu Raksasa Internet China Kembangkan Mobil Otonom untuk Taksi
A A A
BEIJING - Tak mau ketinggalan dengan Google, raksasa internet China yaitu Baidu sedang mengembangkan mobil tak awak alias otonom. Perusahaan menargetkan, mobil cerdas buatannya dipastikan akan meluncur tiga tahun kedepan.

Seperti dilansir dari laman resmi Baidu, Rabu (16/12/2015), Wakil Presiden senior Baidu, Wang Jing telah melakukan pengujian dua prototipe mobil cerdas buatannyadi kota Beijing. Mobil ini mengambil platform dari sedan BMW seri 3 Gran Turismo yang telah dimodifikasi.

Terlihat pada mobil terpasang perangkat radar laser, beberapa sensor dan kamera, serta software berbasis layanan pemetaan Baidu dan teknologi “deep learning“.

Kedepannya Baidu berencana menguji mobil tanpa sopir ini pada beragam situasi ekstrim, seperti jalanan sempit, dalam keadaan hujan hingga jalanan bersalju.

Kedua prototipe ini sukses dalam pengujian di jalan tol kota Beijing tanpa menabrak benda di depannya. Mobil ini juga bisa berpindah jalur dan mendahului mobil lain.

Rencananya mobil ini akan diproduksi masal untuk melayanani rute-rute perjalanan dalam kota layaknya taksi. Baidu akan bekerja sama dengan pemerintah untuk menggelar layanan kendaraan publik seperti shuttle service.

Baidu telah berdiskusi dengan beberapa perusahaan automotif, baik yang berasal dari China maupun perushaan intetnasional. Sayangnya mereka enggan menyebutkan merek perusahaan yang belum lama ini diajak berunding.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9185 seconds (0.1#10.140)