Google Skybender Berikan Akses Internet dengan Drone

Senin, 01 Februari 2016 - 23:37 WIB
Google Skybender Berikan Akses Internet dengan Drone
Google Skybender Berikan Akses Internet dengan Drone
A A A
NEW YORK - Setelah dinilai sukses dengan proyek Google Loon, yang bertujuan untuk memberikan akses internet di daerah terpencil. Kini Google sedang mempersiapkan proyek baru, dengan tujuan masih sama.

Proyek ini diberi nama Skybender dimana akan mentransmisikan jaringan internet cepat 5G. Disinyalir 50 kali lebih cepat dari jaringan 4G LTE. Hasil pengujian sementara, jaringan internet 5G ini mampu menembus angka kecepatan hingga 3,6Gbps.

Seperti dilansir dari Ubergizmo, Senin (1/2/2016), proyek Skybinder tidak menggunakan balon udara, melainkan dengan drone yang akan memancarkan jaringan internet. Bahkan untuk pengujiannya Google telah menyewa 15.000 kaki persegi untuk melakukan pengujian, di pelabuhan pesawat luar angkasa Amerika, di New Mexico.

Untuk tahap ini, Google akan menguji prototipe dari pemancar yang berasal dari drone, dengan menggunakan gelombang pemancar milimeter.

Profesor Teknik Elektro di Universitas Washington, Jacques Rudell, mengatakan penggunaan gelombang pemancar milimiter yang digunakan Google Skybender ini sangat tepat. Apalagi gelombang frekuensi yang digunakan oleh perangkat smartphone saat ini sudah sangat padat.

Rudell menambahkan, jangkauan dari gelombang frekuensi ini lebih pendek dibandingkan dengan gelombang pemancar pada smartphone. Terkait hal ini, Google belum bersedia menanggapi.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7203 seconds (0.1#10.140)