Toyota Resmikan Pabrik Mesin Modern di Karawang

Senin, 07 Maret 2016 - 16:35 WIB
Toyota Resmikan Pabrik Mesin Modern di Karawang
Toyota Resmikan Pabrik Mesin Modern di Karawang
A A A
KARAWANG - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meresmikan pabrik mesin modern dengan teknologi terbaru di Karawang, Jawa Barat. Pabrik baru ini akan memproduksi mesin bensin alumunium bertipe R-NR untuk mobil penumpang dengan kapasitas produksi sebanyak 216.000 unit per tahun.

Dalam merampungkan proyek ini, Toyota menanamkan investasi sebesar Rp2,3 triliun untuk pembangunan dan pengoperasian pabrik.

"Saya sangat senang akhirnya pabrik mesin baru di Karawang telah selesai dan ini merupakan salah satu pabrik mesin Toyota yang dilengkapi desain dan teknologi terkini di dunia," ujar Presiden TMMIN Direktur M Nonami dalam keterangan resminya kepada Sindonews, Senin (7/3/2016).

Dia mengatakan, pabrik ini akan memproduksi mesin bensin alumunium R-NR yang juga merupakan bagian dari jajaran mesin baru Toyota Motor Corporation dan akan diekspor ke negara-negara di kawasan Asia.

Hal tersebut merupakan bagian dari komitmen Toyota untuk terus memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri automotif dan ekonomi Indonesia pada umumnya.

Pabrik Mesin Karawang TMMIN dirancang sebagai pabrik modern dengan teknologi terbaru untuk mencapai efisiensi tinggi yang merupakan bagian dari upaya Toyota global dalam membangun pabrik-pabrik yang kompetitif.

Pabrik mesin Toyota ini merupakan pabrik pertama di dunia yang mengadopsi "Through Line", yaitu konsep yang diaplikasikan dari sistem produksi Toyota. Di mana dalam konsep tersebut seluruh proses produksi mesin yang terdiri dari casting/pengecoran, machining/permesinan dan assembling/ perakitan berada di bawah satu atap.

Peresmian dihadiri Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia Saleh Husein, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM) Franky Sibarani, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9712 seconds (0.1#10.140)