Bukan hanya Maung, Berikut Daftar Mobil yang Diklaim Buatan Indonesia

Rabu, 22 Juli 2020 - 16:42 WIB
loading...
Bukan hanya Maung, Berikut Daftar Mobil yang Diklaim Buatan Indonesia
Kendaraan Nasional AMMDes. FOTO/ WBS/ SINDOnews
A A A
JAKARTA - Alasan pengunaan mesin Hilux untuk kendaraan taktis di Maung karena Indonesia tak punya pabrik mesin sendiri menuai sorotan. Pasalnya Indonesia tercatat mempunyai mobil nasioanal seperti AMMDes dan ESEMKA, bahkan bukan hanya itu ada beberapa mobil yang diklaim sebagai mobil nasional juga. BACA JUGA - Maung Pakai Mesin Hilux, Toyota Pastikan Pindad Tak Kantongi Izin

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, mobil-mobil buatan dalam negeri sebelumnya selalu menemui kebuntuan saat fase produksi maupun pemasaran, dan akhirnya mundur teratur dari persaingan pasar otomotif tanah air. BACA JUGA - Indonesia Belum Punya Pabrik Mesin, Alasan Pindad Comot Mesin Toyota

Tercatat, ada sejumlah mobil buatan dalam negeri yang dibuat sebelum mobil Esemka. Mulai dari mobil sedan sampai dengan mobil pertanian. Lebih lengkapnya dapat Anda simak pada ulasan berikut ini. BACA JUGA - Usut Punya Usut, Ternyata si Maung Tidak Murni Buatan Indonesia?


Maleo

Mobil pertama adalah Maleo, yang dirilis pertama kali sekitar tahun 1993 oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang bekerja sama dengan Rover, perusahaan manufaktur otomotif asal Inggris.

Secara keseluruhan, kandungan lokal yang terkandung di dalam mobil ini mencapai sekitar 60 sampai 70 persen.

Mobil yang juga melibatkan B.J. Habibie dalam perakitannya ini sukses membuat 11 rancangan mobil sampai tahun 1997. Namun, lantaran krisis moneter melanda Indonesia, Maleo ikut terkena imbasnya. Perjalanan Maleo sebagai mobil buatan dalam negeri akhirnya terhenti.

Mahesa

Selain Maleo, Indonesia juga punya mobil double cabin versi dalam negeri sendiri. Namanya adalah Mahesa, mobil buatan Sukiyat yang mengusung konsep mobil pedesaan.

Sebagai informasi, nama Mahesa diambil dari bahasa Jawa Kuno yang berarti kerbau. Diharapkan, mobil ini dapat membantu petani layaknya kerbau, yang kuat dan tangguh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)