alexametrics

VW Group Siapkan Dana Rp131 Triliun untuk Membeli Kembali Mobil yang Bermasalah

loading...
VW Group Siapkan Dana Rp131 Triliun untuk Membeli Kembali Mobil yang Bermasalah
Foto: Ilustrasi.
A+ A-
NEW YORK - Langkah aman Volkswagen Group dalam menyelesaikan kasus yang menimpanya terkait skandal mesin diesel adalah melakukan buy back. Di negara Amerika Serikat Volkswagen Group melakukan buy back (pembelian kembali) hampir 500.000 mobil bermesin diesel yang terkena masalah.

Seperti dilansir dari reuter, Kamis (28/4/2016), mobil yang ditarik itu adalah buatan 2009 hingga 2015 yang dianggap tidak sesuai dengan standar emisi yang ditetapkan oleh Environmental Protection Agency Amerika Serikat.

Rincian terkait mobil-mobil yang akan dibeli kembali melibatkan mobil bermesin 2.0 liter, sedangkan mobil-mobil dari merek Audi, Porsche dan Volkswagen yang menggunakan mesin 3.0 liter, V6 belum jelas nasibnya. Untuk jumlah, kemungkinan gerakan baru ini akan melibatkan 482.000 mobil bermesin diesel dari Volkswagen Group yang menggunakan mesin diesel 2.0-liter.



Belum dijelaskan pula mekanisme dari buy back ini apakah Volkswagen Group akan membeli kembali mobil konsumen secara utuh atau setiap mobil akan diuji untuk kemudian potensi kerugiannya dibayarkan secara tunai.

Kabarnya per mobil akan mendapat USD 5.000 atau sekitar Rp 65,9 juta. Namun hal ini masih belum diputuskan oleh hakim federal Charles Breyer. Namun pengadilan sudah menyarankan Volkswagen Group sebaiknya menyiapkan dana sebesar USD 10 miliar atau sekitar Rp 131 triliun untuk menutupi berbagai pembayaran.
(dol)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak