Kadrun dan Pilpres Jadi Bumbu Penguat Isu Klepon Tidak Islami Viral

Kamis, 23 Juli 2020 - 16:42 WIB
loading...
Kadrun dan Pilpres Jadi Bumbu Penguat Isu Klepon Tidak Islami Viral
Kue klepon dijadikan isu viral di media sosial. FOTO/ ist
A A A
JAKARTA - Belakangan ramai menjadi perbincangan di media sosial mengenai kue klepon tidak Islami . Pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, mencoba menganalisis dari mana awal mula perbincangan mengenai kue klepon ini berasal.

Untuk langkah awal ia mencari tahu sumber asli foto klepon yang viral, dengan menggunakan beberapa tools seperi Google Image search, Yandex, TinEye, dan Bing. BACA JUGA- Diusir AS, India dan Inggris, Siap-Siap Indonesia Jadi Sasaran Empuk TikTok

Kemudian Drone Emprit mulai mengambil data dari media online, Twitter, Facebook Page, dan Instagram. Data paling banyak diperoleh dari Twitter, namun bukan berarti dari Facebook sedikit. Keterbatasan akses menyebabkan data terbatas dari Facebook.

Perbincangan mengenai kue klepon tidak Islami, diduga bermula dari percakapan di media sosial Facebook. Ismail berkata perbincangan tentang hal itu kemudian secara perlahan meningkat di Twitter.

"Tampak percakapan di Facebook sudah ramai duluan, baru pelan-pelan di Twitter naik," ujar Ismail dikutip lewat akun Twitter pribadinya @ismailfahmi, Kamis (23/7/2020). https://twitter.com/ismailfahmi/status/1285623226220130304

Lebih lanjut, kata Ismail, media online juga menjadi faktor yang membuat isu klepon tidak Islami semakin meningkat. Banyak juga situs yang akhirnya membahas aspek lain dari klepon, misalnya mengenai asal usul klepon.

Salah satu media onlinem mengutip klarifikasi dari @TurnBackHoax, yang memberi link paling awal dari flyer klepon itu di Facebook.

Unggahan paling awal diketahui terjadi pada Senin (20/7), pukul 20:31 WIB. Unggahan itu diketahui sudah dihapus, tapi bisa dilihat dari Internet Archive
Sementara tren awal di Instagram, Drone Emprit menangkap unggahan yang relevan dengan isu klepon ini pada pukul 02:09 Selasa 21 Juli 2020.

Berikutnya pelan-pelan mulai banyak postingan di Instagram ketika orang-orang sudah mulai berangkat bekerja atau sekitar pukul 08.00.

"Salah satu yang cukup awal di IG yang ditangkap DE adalah dari akun @kerjabersama_2periode. Foto yang sama dengan yang di Facebook tsb di beri caption "Kadrun klo dibiarin makin ngelunjak, ...." tulisnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4218 seconds (0.1#10.140)