Hasil Riset BANSOS COVID-19 Dibedah Para Ahli dan Lembaga Penelitian

Kamis, 23 Juli 2020 - 14:27 WIB
loading...
Hasil Riset BANSOS COVID-19 Dibedah Para Ahli dan Lembaga Penelitian
Puslitbangkesos Kemensos melaksanakan Seminar Eksekutif Hasil Penelitian Bantuan Sosial Covid-19.
A A A
CALIFORNIA - Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial (Puslitbangkesos) Kemensos melaksanakan Seminar Eksekutif Hasil Penelitian Bantuan Sosial Covid-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Sosial Bapak Juliari P BatuBara sebagai Keynote Speaker dan para Pejabat di lingkungan Kementerian Sosial RI serta Kepala Dinas Sosial yang berada diwilayah Jabodetabek. BACA JUGA- Diusir AS, India dan Inggris, Siap-Siap Indonesia Jadi Sasaran Empuk TikTok

Pembahas pada seminar ini terdiri dari Lembaga Lingkar Madani Indonesia (Ray Rangkuti), Lembaga Survey Alvara (Hasanuddin Ali), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Rusli Cahyadi) dan Lembaga Sosiologi Universitas Indonesia (Ida Ruwaida Noor).

Pemaparan hasil penelitian diwakili oleh Tim Peneliti Puslitbangkesos Hari Harjanto yang berjudul “Implementasi Mekanisme Penyaluran Bantuan Sosial Sembako di Jabodetabek” dan Badrun Susantyo berjudul “Bantuan Sosial Tunai Bagi Keluarga Terdampak Covid-19”. BACA JUGA - Kadrun dan Pilpres Jadi Bumbu Penguat Isu Klepon Tidak Islami Viral

Mensos mengatakan “Puslitbangkesos harus membuat lagi survei seperti ini setelah covid karena survey ini mengukur kekonsistenan kita. Survey yang baik itu harus dilakukan secara berkala yang penting dilihat itu trend-nya, bukan hasil satu survey saja. Saat Covid ini kemapanan dan kemandirian ekonomi kita diuji sehingga survey-survey yang kita lakukan ini semuanya untuk membuatkan suatu koridor. Walaupun memang tidak mungkin dalam satu program bisa tercover semua respondennya dan terimakasih buat para pembahas karena kami butuh masukan dan kritik yang membangun. Ini menjadi mekanisme control kita terhadap kinerja kami di pemerintahan.”

Penelitian ini bertujuan untuk menstimuli penyusunan kebijakan publik bidang kesejahteraan sosial khususnya dalam penanganan pandemi darurat Covid-19 mengacu pada hasil riset/data factual dan menyampaikan hasil-hasil penelitian terkait permasalahan sosial kekinian yang telah diselenggarakan Puslitbangkesos, kepada para pihak khususnya Unit Tehnis terkait.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2375 seconds (0.1#10.140)