Susul UEA, China Luncurkan Misi Penjelajah Mars Tianwen-1

Jum'at, 24 Juli 2020 - 01:59 WIB
loading...
Susul UEA, China Luncurkan Misi Penjelajah Mars Tianwen-1
Roket berhasil meluncurkan Tianwen-1 dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di Pulau Hainan pada 23 Juli 2020. Foto/CCTV/China National Space Agency
A A A
BEIJING - China sudah diambang mengeksplorasi Planet Mars layaknya negara adidaya, Amerika Serikat. Hal ini ditandai Misi Tianwen-1 yang sukses diluncurkan di atas roket Long 5 March dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang, Pulau Hainan, China, Kamis (23/7/2020). (Baca juga: Habiskan Rp3 Triliun, Uni Emirat Arab Luncurkan Misi "Hope" ke Mars )

Tianwen-1 terdiri dari pengorbit dan pendarat/rover duo, kombinasi karya teknologi yang belum pernah diluncurkan bersama-sama menuju Planet Merah. Ambisi Tianwen-1 sangat mencolok, mengingat itu merupakan blusukan pertama China pada misi penuh Mars.
Susul UEA, China Luncurkan Misi Penjelajah Mars Tianwen-1

Mereka sebelumnya pernah meluncurkan misi ke Planet Merah yang disebut Yinghuo-1 pada November 2011. Pesawat ruang angkasa tersebut menerbangkan "kuda-kuda" dengan misi Phobos-Grunt Rusia. Dan peluncuran itu gagal bahkan membuat Probe terjebak di orbit Bumi.

"Tianwen-1 akan mengorbit, mendarat dan melepaskan kendaraan pada percobaan pertama, dan mengkoordinasikan pengamatan dengan pengorbit," kata anggota tim dalam makalah Astronomi Alam yang menguraikan tujuan utama misi, baru-baru ini.

"Tidak ada misi planet yang pernah dilaksanakan dengan cara ini. Jika berhasil, itu akan menandakan terobosan teknis besar," klaimnya.

Jika semua berjalan sesuai rencana, Tianwen-1 akan tiba di Planet Merah pada Februari 2021. Pasangan pendarat/penjelajah akan mendarat di permukaan Mars dua hingga tiga bulan kemudian di suatu tempat di dalam Utopia Planitia, dataran besar di belahan daratan utara planet ini yang juga menyambut pendaratan NASA Viking 2 pada tahun 1976.
Susul UEA, China Luncurkan Misi Penjelajah Mars Tianwen-1

Laman Space.com melaporkan, penjelajah bertenaga surya itu kemudian akan menghabiskan sekitar 90 hari Mars, atau sol, mempelajari sekitarnya secara rinci. Untuk Anda ketahui, 1 sol kira-kira 40 menit lebih lama dari satu hari Bumi. Penjelajah akan melakukannya dengan enam instrumen sains berbeda, yang diidentifikasi oleh makalah Astronomi Alam sebagai Kamera Multispektral, Kamera Terrain, Mars-Rover Radar Eksplorasi Bawah Permukaan Radar, Detektor Komposisi Permukaan Mars, Mars Magnetic Field Detector, dan Mars Meteorology Monitor.

Pengorbit pada akhirnya akan mengendap menjadi orbit elips polar yang membawanya sedekat mungkin dengan permukaan Mars sejauh 165 mil (265 kilometer) dan sejauh 7.456 mil (12.000 km). Pesawat ruang angkasa itu akan menyampaikan informasi pulang dan mengumpulkan data sains sendiri menggunakan tujuh instrumen sains: dua kamera, Radar Eksplorasi Bawah Tanah Mars-Orbiting, Spektrometer Mineralogi Mars, Magnetometer Mars, Mars Ion dan Partikel Netral Analyzer dan Mars Energetic Particle Analyzer .

Pendarat itu tampaknya tidak akan melakukan pekerjaan sains substantif, yang berfungsi sebagai sistem pengiriman untuk penjelajah. Penjelajah beroda tersebut mempunyai berat 240 kilogram, atau dua kali lebih berat dari Penjelajah Yutu yang menjelajahi bulan.
Susul UEA, China Luncurkan Misi Penjelajah Mars Tianwen-1

Secara keseluruhan, Tianwen-1 mengambil tindakan terhadap Mars dengan berbagai cara. "Secara khusus, tujuan ilmiah Tianwen-1 meliputi: (1) untuk memetakan struktur morfologi dan geologi, (2) untuk menyelidiki karakteristik tanah permukaan dan distribusi air-es, (3) untuk menganalisis komposisi bahan permukaan, (4) ) untuk mengukur ionosfer dan karakteristik iklim dan lingkungan Mars di permukaan, dan (5) untuk memahami medan fisik (elektromagnetik, gravitasi) dan struktur internal Mars," tulis anggota tim misi ini lagi.

Makalah itu juga menjelaskan nama misi, yakni Tianwen yang berarti "pertanyaan ke surga". Nama itu diambil dari judul puisi oleh Qu Yuan, yang hidup dari sekitar tahun 340-278 SM.

Misi China ke Planet Merah alias Mars adalah misi kedua setelah Hope yang dibangun oleh Uni Emirat Arab. Berbeda dengan China yang mendaratkan kendaraan untuk mengeskplorasi planet, UEA dengan Hope-nya lebih menyasar penelitian dari atmosfir dari Mars yang terus menurun kualitasnya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3374 seconds (0.1#10.140)