Beda Generasi, 3 Jenderal Lulusan Terbaik Akmil Bersatu di Ring 1 Jokowi

Jum'at, 02 Juni 2023 - 07:48 WIB
loading...
Beda Generasi, 3 Jenderal Lulusan Terbaik Akmil Bersatu di Ring 1 Jokowi
Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, dan Letjen TNI M Herindra. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tiga jenderal lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) berada di lingkaran Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) untuk membantu tugas-tugas pemerintahan. Jika menghitung Akademi Kepolisian (Akpol), terdapat empat jenderal Adhi Makayasa -Tri Sakti Wiratama.

Tiga jenderal Akmil yang bersatu di ring 1 Jokowi yakni Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, dan Wakil Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra. Ketiganya penyandang lencana Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama di generasi berbeda.

Luhut merupakan sosok paling senior. Jenderal pendiri Sat 81 Kopassus ini merupakan lulusan terbaik Akmil 1970. Di bawahnya terdapat Moeldoko yang merupakan lulusan terbaik Akmil 1981. Enam generasi di bawahnya terdapat Herindra, mantan Danjen Korps Baret Merah yang merupakan abituren terbaik Akmil 1987.



Luhut dan Herindra berada dalam Kabinet Indonesia Maju. Sedangkan Moeldoko menggawangi Kantor Staf Kepresidenan, lembaga setingkat menteri yang menjalankan tugas memberikan dukungan kepada presiden dan wakil presiden dalam melaksanakan pengendalian program-program prioritas nasional, komunikasi politik, dan pengelolaan isu strategis.

“Selain melakukan pengendalian, Kantor Staf Presiden juga melaksanakan fungsi memberikan dukungan percepatan pelaksanaan, monitor dan evaluasi program prioritas nasional dan isu strategis, menyelesaikan masalah secara komprehensif terhadap program-program prioritas nasional yang dalam pelaksanaannya mengalami hambatan, pengelolaan isu strategis,” tulis laman resmi KSP, dikutip Jumat (2/6/2023).

Sebagaimana Luhut dan Herindra, Moeldoko juga bertanggung jawab langsung kepada presiden. Dalam pelaksanaan tugasnya, dia dibantu oleh beberapa deputi dan kesekretariatan.



Satu lagi peraih lencana Adhi Makayasa di ring 1 Jokowi yakni Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian. Mantan Kapolri itu merupakan alumnus terbaik Akpol 1987. Di periode kedua pemerintahan Jokowi, Tito diplot sebagai Menteri Dalam Negeri.

Berikut Profil Singkat 3 Jenderal Lulusan Terbaik Akmil di Pemerintahan Jokowi

1. Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan

Beda Generasi, 3 Jenderal Lulusan Terbaik Akmil Bersatu di Ring 1 Jokowi

Foto/Instagram Luhut Pandjaitan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)